facebook

6 Manfaat Kentut bagi Kesehatan yang Jarang Disadari

Yasinta Rahmawati
6 Manfaat Kentut bagi Kesehatan yang Jarang Disadari
Ilustrasi orang kentut. (Shutterstock)

Kentut adalah bagian integral dari pencernaan dan tanda sistem pencernaan Anda bekerja sebagaimana mestinya. Berikut ini manfaat kentut yang jarang disadari.

Suara.com - Apakah Anda pernah mengalami momen memalukan? tak sengaja kentut di tengah keramaian misalnya. Meski begitu, jarang disadari bahwa ada manfaat kentut untuk kesehatan lho, dan Anda tidak disarankan untuk sering menahannya.

Diketahui, kentut adalah bagian integral dari pencernaan dan tanda sistem pencernaan Anda bekerja sebagaimana mestinya. Kentut adalah produk sampingan dari sistem pencernaan yang bekerja dan memiliki beberapa manfaat kesehatan yang mungkin belum diketahui banyak orang.

Dihimpun dari sejumlah sumber, berikut ini manfaat kentut bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui.

Manfaat Kentut untuk Kesehatan

Baca Juga: Seniman Tato Ungkap Klien Terburuk yang Pernah Ditangani: Kentut Tepat di Depan Mulut!

1. Baik untuk kesehatan usus besar

Kentut membantu usus besar yang merupakan bagian integral dari sistem pencernaan Anda. Menahan kentut bisa berbahaya bagi usus besar dan tubuh terutama jika Anda memiliki masalah pencernaan sebelumnya.

2. Mengurangi kembung

Kembung disebabkan oleh retensi cairan atau gas di dalam perut. Meskipun kembung mungkin tidak benar-benar berbahaya dalam arti sebenarnya, itu bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Oleh karena itu, Anda bisa membuat perut Anda merasa lebih baik dan meredakan kembung dengan kentut atau buang gas.

Ilustrasi gambar penyebab perut kembung dan keras. (freepik)
Ilustrasi gambar perut kembung. (freepik)

3. Sistem peringatan dini

Baca Juga: Wanita Kentut di Persidangan Johnny Deep Curi Perhatian, Padahal Ini Manfaatnya

Kentut juga memainkan peran penting dalam membantu dokter mendeteksi atau memprediksi masalah kesehatan utama. Sering kentut, bau ekstrem, dan rasa sakit yang tidak biasa saat kentut bisa menjadi petunjuk kondisi kesehatan lain seperti kanker usus besar dan intoleransi laktosa.

Komentar