facebook

Urutan Mutasi Varian Virus Corona Mewabah di Indonesia, Delta hingga Kappa

Farah Nabilla
Urutan Mutasi Varian Virus Corona Mewabah di Indonesia, Delta hingga Kappa
Varian baru virus Corona [Foto: Antara]

WHO menyebut, setidaknya ada 10 varian virus corona. Varian virus tersebut resmi menyandang nama yang diambil dari alfabet Yunani, dari Alpha, Beta, Delta, hingga Gamma

Seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia sudah mulai berhasil meredakan kasus pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak tahun 2019 silam. Diketahui, virus corona ini memiliki berbagai macam variasi selama mewabah di dunia terutama di Indonesia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut, setidaknya ada 10 varian virus corona. Varian virus tersebut resmi menyandang nama yang diambil dari alfabet Yunani, dari Alpha, Beta, Delta, hingga Gamma.

WHO menyebutkan bahwa penggunaan nama untuk varian baru virus corona tersebut digunakan untuk menghindari stigmatisasi terhadap negara di mana varian-varian virus corona tersebut pertama dideteksi.

Lalu, seperti apa urutan mutasi virus corona yang juga mewah di Indonesia tersebut? Berikut informasi lengkapnya.

Baca Juga: Sensasi Aneh di Tubuh Ini Bisa Jadi Gejala Virus Corona Covid-19, Begini Cara Deteksinya!

1. Varian Alpha

Varian Alpha ini disematkan pada varian virus corona yang pertama kali dideteksi di Inggris. Varian ini pertama ditemukan pada Desember 2020, nama ilmiah dari varian virus tersebut adalah B.1.1.7. Diketahui, varian Covid-19 ini lebih menular sehingga memicu peningkatan kasus Covid-19 dan rawat inap.

2. Varian beta

Varian Beta ini pertama kali ditemukan di Afrika Selatan. Varian Beta merupakan salah satu varian SARS-CoV-2 yang mengkhawatirkan pada saat itu menurut WHO. Varian virus corona tersebut dilabeli B.1.351, varian ini berpotensi mempengaruhi kemanjuran vaksin Covid-19 yang ada. WHO resmi memberikan nama Beta, sebagai varian yang terdeteksi pertama kali di Teluk Nelson Mandela, Afrika Selatan pada Oktober 2020.

Diketahui, varian ini juga memiliki kemampuan penularan yang tidak kalah mematikan.

Baca Juga: Siap-siap! Menkes Prediksi Puncak Covid-19 Bisa Tembus 25 Ribu Per Hari

3. Varian Gamma

Komentar