facebook

Update Covid-19 Gobal: Semakin Mudah Liburan ke Thailand, Turis Asing Tak Perlu Isi Thailand Pass

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Update Covid-19 Gobal: Semakin Mudah Liburan ke Thailand, Turis Asing Tak Perlu Isi Thailand Pass
Ilustrasi Thailand. (Shutterstock)

Mengikuti beberapa negara lainnya, Thailand mulai melonggarkan aturan masuk bagi turis asing yang akan berkunjung ke negaranya.

Suara.com - Semakin banyak negara yang membuka pintu masuknya bagi wisatawan asing. Salah satunya Thailand. Update Covid-19 global hari ini mengabarkan bahwa negara Gajah Putih tersebut semakin melonggarkan aturan masuk bagi turis asing, yaitu tidak perlu mengisi aplikasi Thailand Pass.

Angka Covid-19 di dunia saat ini, mengutip Worldometers, Sabtu (11/6/2022), ada pertambahan 543 ribu kasus baru sehari, di mana 1.050 orang yang baru saja meninggal dunia.

Kini total yang sudah terinfeksi ada 539 juta orang dan 6,3 juta diantaranya meninggal dunia. Jumlah orang yang bisa menularkan virus atau kasus aktif tercatat masih ada 18,5 juta orang.

Mengutip Channel News Asia, penghapusan aturan wajib mengisi aplikasi Thailand Pass untuk turis asing saat memasuki Thailand ini baru akan diterapkan pada 1 Juli 2022 mendatang.

Baca Juga: Selangkah Lebih Dekat Susul Taiwan, Thailand Bisa Jadi Negara Kedua di Asia yang Izinkan Pernikahan Sesama Jenis

Thailand Pass adalah platform online, dimana turis asing diminta mengisi dokumen dan informasi sebelum masuk ke Thailand.

Tapi turis asing juga tetap wajib menunjukan bukti vaksinasi Covid-19 atau hasil tes negatif Covid-19, dan bukti ini akan diperiksa oleh staf maskapai sebelum keberangkatan.

Kebijakan ini dikonfirmasi langsung oleh Centre for Covid-19 Situation Administration (CCSA) dan diumumkan pada Jumat, 17 Juni 2022.

CCSA mengatakan Thailand saat ini sedang mendekati tahap endemik Covid-19, sehingga lebih banyak melonggarkan aturan mobilitas dan protokol kesehatan yang sebelumnya diberlakukan.

Selain itu, Thailand juga sudah menghapus aturan wajib masker luar ruangan, kecuali di area tersebut ramai atau tidak memiliki ventilasi yang baik.

Baca Juga: Update: Kasus Covid-19 Indonesia Tambah 1.173 Orang, 6.668 Pasien Masih Dirawat

Sedangkan masker dalam ruangan masih jadi aturan wajib di Thailand, tapi untuk kegiatan seperti makan, berolahraga, atau perawatan maupun pelayanan melibatkan area wajah, dan seni pertunjukan diperbolehkan melepas masker.

Komentar