facebook

Dekubitus Seperti yang Dialami Rima Melati Bisa Dicegah dengan Minyak Kelapa, Ini Caranya!

Vania Rossa | Lilis Varwati
Dekubitus Seperti yang Dialami Rima Melati Bisa Dicegah dengan Minyak Kelapa, Ini Caranya!
Ilustrasi Minyak kelapa. (Pixabay.com)

Pasien dengan perawatan ICU seperti Rima, termasuk salah satu yang rentan mengalami dekubitus.

Suara.com - Artis senior Rima Melati meninggal dunia setelah dirawat di ruangan ICU RSPAD Jakarta Pusat. Rima dikabarkan mengidap dekubitus yang semakin parah.

Dekubitus merupakan kondisi luka yang terjadi akibat tekanan berlebihan, pergesekan, dan pergeseran dampak dari kondisi lama berbaring atau pasien terus menerus bertahan pada satu posisi tertentu.

Semua bagian tubuh berisiko mengalami luka dekubitus. Tetapi, umumnya luka dekubitus terjadi pada kulit atau jaringan di sekitar area yang terdapat tulang menonjol, seperti siku, sakrum, bokong, tumit, dan pergelangan kaki.

Pasien dengan perawatan ICU seperti Rima, termasuk salah satu yang rentan mengalami dekubitus.

Baca Juga: Rima Melati Dirawat di ICU akibat Ulkus Dekubitus, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Seperti penyakit pada umumnya, pencegahan tentu lebih baik daripada mengobati. Untuk itu perlu diperhatikan beberapa tindakan pencegahan, di antaranya mengurangi risiko, penanganan inkontinensia, suplai nutrisi yang adekuat, dan memberikan edukasi kepada pasien juga keluarganya.

Dikutip dari situs Dinas Kesehatan Yogyakarta, pencegahan dekubitus juga bisa dilakukan dengan mengoleskan Virginia Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa murni ke kulit.

VCO bisa untuk menjaga kondisi keutuhan kulit. VCO dibuat tanpa proses pemanasan, mengandung zat aktif medium chain fatty acid (MCFA) yang terdiri dari caprilic acid, capric acid, oleic acid, serta linoleic acid.

VCO mengandung pelembab alami yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit. Kandungan asam lemak jenuh rantai sedang yang terdapat pada VCO membuatnya mudah masuk ke lapisan kulit dalam sehingga dapat mempertahankan kelenturan dan kekenyalan kulit.

Cara penggunaan VCO sama seperti penggunaan pelembab pada umumnya, dengan meratakannya pada area yang berisiko terjadinya dekubitus pada pasien.

Baca Juga: Jessica Iskandar Konsumsi Minyak Kelapa dan Madu agar Persalinan Lancar, Mitos atau Fakta?

Komentar