facebook

Daftar Olahraga Aman untuk Ibu Hamil Trimester 1, Bisa Lakukan 5 Hal Ini

Yasinta Rahmawati
Daftar Olahraga Aman untuk Ibu Hamil Trimester 1, Bisa Lakukan 5 Hal Ini
Ilustrasi gambar olahraga aman untuk ibu hamil trimester 1. (freepik)

Mempertahankan rutinitas olahraga yang teratur selama kehamilan dapat membantu Anda tetap sehat dan bugar. Nah, berikut ini olahraga aman untuk ibu hamil trimester 1.

Suara.com - Mempertahankan rutinitas olahraga yang teratur selama kehamilan dapat membantu Anda tetap sehat dan bugar. Ini juga dapat memperbaiki postur Anda dan mengurangi beberapa ketidaknyamanan umum seperti sakit punggung dan kelelahan semasa hamil. Nah, berikut ini informasi mengenai olahraga aman untuk ibu hamil trimester 1 yang bisa dilakukan.

Selain membuat tubuh bugar dan mengurangi kelelahan, olahraga selama kehamilan juga terbukti dapat mencegah diabetes gestasional (diabetes yang berkembang selama kehamilan), menghilangkan stres  dan membangun lebih banyak stamina yang dibutuhkan untuk persalinan dan melahirkan.

Jika Anda aktif secara fisik sebelum kehamilan, Anda harus dapat melanjutkan aktivitas Anda dengan modifikasi yang diperlukan sesuai dengan kondisi kehamilan Anda. Anda dapat berolahraga di tingkat sebelumnya selama Anda merasa nyaman dan mendapat persetujuan dokter Anda.

Jika Anda belum pernah berolahraga secara teratur sebelumnya, Anda dapat dengan aman memulai program olahraga selama kehamilan setelah berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Pastikan jangan mencoba aktivitas baru yang berat. 

Baca Juga: Lari Meningkatkan Risiko Serangan Jantung

Melansir dari berbagai sumber, mari simak berikut ini informasi mengenai olahraga aman untuk ibu hamil trimester 1 yang perlu diketahui.

Olahraga Aman untuk Ibu Hamil Trimester 1

1. Pilates

Pilates adalah olahraga yang berguna untum membantu dalam mengatasi masalah keseimbangan serta nyeri punggung bagian bawah. Pastikan untuk menghindari pose berbaring atau telentang, serta memutar bagian pinggang.

Ibu hamil olahraga (Elements Envato)
Ibu hamil olahraga (Elements Envato)

2. Yoga

Baca Juga: Top 5 Sport: Mundur dari Tiga Turnamen Asia Tenggara, Kevin/Marcus Fokus Kejuaraan Dunia

Yoga adalah olahraga yang berguna untuk meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan melenturkan otot. Selain itu, yoga juga membantu mengurangi tekanan darah, serta melatih teknik pernapasan yang dapat membantu saat persalinan. Olahraga ini juga berguna untuk mencegah osteoporosis. Pastikan menghindari pose berbaring/telentang serta memutar bagian pinggang.

Komentar