facebook

Cardi B Tanggapi Netizen yang Tuduh Anaknya Idap Autis, Sebenarnya Ini Ciri-ciri Autis Menurut Medis

Risna Halidi
Cardi B Tanggapi Netizen yang Tuduh Anaknya Idap Autis, Sebenarnya Ini Ciri-ciri Autis Menurut Medis
Cardi B dan putrinya, Kulture. (Instagram/@kulturekiari)

"Putrimu mengidap autis dan kamu malah menggunakan Twitter alih-alih memastikan dia tidak memasukkan jarinya ke mulut."

Suara.com - Penyanyi dan rapper sensasional Cardi B membuat pernyataan keras setelah seorang netizen mengatakan bahwa buah hatinya yang masih berusia tiga tahun mengidap autis.

"Putrimu mengidap autis dan kamu malah menggunakan Twitter alih-alih memastikan dia tidak memasukkan jarinya ke mulut," tulis pengguna @theminajprint dalam tweet yang telah dihapus.

Perempuan berusia 29 tahun itu lalu menanggapi, "Putriku tidak autis… Kamu tidak bisa menyebutnya jelek jadi kamu lalu mendiagnosisnya dengan sesuatu," tulis Cardi B.

Autis atau autisme adalah gangguan perkembangan serius yang membuat anak kesulitan berkomunikasi dan berinteraksi. Rentang dan keparahan gejala autisme sendiri bisa bervariasi.

Baca Juga: 31 Negara yang Legalkan Ganja untuk Medis

Dikutip dari Alo Dokter, gejala autisme sangat beragam dan tiap anak yang menderita kondisi ini dapat menunjukkan gejala yang berbeda. Namun, secara umum, ciri-ciri anak autis terdiri dari tiga karakteristik utama, yaitu:

Cardi B Beri Kado Tas Hermes Rp700 Juta untuk Putrinya (instagram.com/iamcardib)
Cardi B dan Putrinya (instagram.com/iamcardib)

1. Kesulitan Komunikasi
Masalah komunikasi yang kerap dialami anak penderita autisme, antara lain sulit bicara, menulis, membaca, dan memahami bahasa isyarat, seperti menunjuk dan melambai.

Hal ini kemudian membuat anak sulit untuk memulai percakapan dan memahami maksud dari suatu perkataan atau petunjuk yang diberikan orang lain.

Tak jarang anak dengan autisme mengucapkan satu kata secara berulang atau yang beberapa waktu lalu didengarnya, mengucapkan sesuatu dengan nada tertentu atau seperti sedang bersenandung, atau sering tantrum.

2. Gangguan dalam Berhubungan Sosial
Salah satu ciri-ciri anak autis adalah sulit bersosialisasi. Anak dengan autisme sering kali terlihat asyik dengan dunianya sendiri, sehingga sulit terhubung dengan orang-orang di sekitarnya.

Baca Juga: Kisah Pilu Andien saat Bertemu Ibu yang Perjuangkan Legalisasi Ganja Medis di CFD

Terkadang anak dengan autisme juga terlihat kurang responsif atau sensitif terhap perasaannya sendiri atau pun orang lain.

Komentar