facebook

Waspada, Rasa Sakit pada 2 Bagian Tubuh Ini Bisa Jadi Gejala Awal Virus Corona Covid-19

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Waspada, Rasa Sakit pada 2 Bagian Tubuh Ini Bisa Jadi Gejala Awal Virus Corona Covid-19
Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)

Rasa sakit di dua bagian tubuh bisa menjadi gejala awal virus corona Covid-19.

Suara.com - Gejala umum virus corona Covid-19 termasuk batuk, demam tinggi, kehilangan indra perasa dan penciuman. Namun, gejala awal virus corona Covid-19 tidak hanya itu.

Seiring berkembangnya virus corona Covid-19, penyakit ini bisa menimbulkan gejala lainnya berupa rasa sakit di dua bagian tubuh, yakni sakit kepala dan sakit otot.

Dilansir dari Times of India, mewaspadai sakit kepala dan sakit otot bisa membantu mendeteksi virus corona Covid-19 sejak awal.

1. Sakit Kepala

Baca Juga: Varian Omicron Mampu Tembus Antibodi, Perlukan Vaksin Booster Dosis Kedua?

Aplikasi studi Zoe Covid menunjukkan bahwa sakit kepala mungkin merupakan gejala virus corona Covid-19 yang kurang dikenal, tetapi ini termasuk gejala awal infeksi.

Sakit kepala cenderung muncul pada awal infeksi virus corona dan biasanya berlangsung antara 3 hingga 5 hari.

Sakit kepala akibat virus corona cenderung terasa nyeri sedang hingga parah. Sakit kepala akibat kondisi ini bisa terasa seperti kepala berdenyut, tertekan atau tertusuk-tusuk.

Ilustrasi sakit kepala (unsplash)
Ilustrasi sakit kepala (unsplash)

Sakit kepala ini terjadi di kedua sisi kepala atau bilateral daripada di satu area dan biasanya resisten terhadap obat penghilang rasa sakit.

Sakit kepala juga bisa berlangsung dalam jangka waktu lama dan menjadi gejala virus corona berkepanjangan. Namun, ada pula kondisi lain yang bisa menyebabkan sakit kepala, tidak hanya virus corona Covid-19.

Baca Juga: Sakit Kepala Tiap Bangun Tidur di Pagi Hari? Kondisi Ini Bisa Jadi Sebabnya!

2. Sakit Otot

Sakit otot atau nyeri otot adalah gejala umum virus corona Covid-19 yang tergolong umum pada varian Omicron. Orang dengan virus corona biasanya mengalami nyeri otot, terutama di bagian bahu atau kaki.

Nyeri otot juga dianggap sebagai gejala awal virus corona. Tapi, nyeri otot terkait virus corona bisa bersifat ringan atau sangat melemahkan, terutama bila penderita mengalami kelemahan ekstrem.

Bagi sebagian orang, nyeri otot bisa menghambat aktivitas hariannya. Nyeri otot biasanya bertahan selama 2 hingga 3 hari, tetapi juga bisa lebih lama pada orang yang lebih tua.

Terlepas dari dua jenis rasa sakit ini, penting untuk memperhatikan gejala virus corona Covid-19 lainnya. Dua jenis rasa sakit ini hanya membantu mengidentifikasi virus corona Covid-19 lebih dini.

Adapun gejala virus corona Covid-19 lainnya termasuk sesak napas, sulit bernapas, sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau berair, kehilangan nafsu makan, dan diare.

Komentar