facebook

Jangan Marahi Anak yang Berbohong, Begini 3 Langkah Menghadapinya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Jangan Marahi Anak yang Berbohong, Begini 3 Langkah Menghadapinya
Ilustrasi Berbohong.(Pixabay.com)

Anak berbohong bukanlah sesuatu permasalahan yang harus dibesarkan, tapi hadapi dengan 3 strategi ini.

Suara.com - Setiap orangtua pasti ingin anaknya jujur. Meskipun begitu, ada beberapa momen mungkin anak mencoba berbohong karena alasan apa pun.

Saat anak berbohong untuk pertama kalinya, hal ini mungkin sulit bagi orangtua. Beberapa orang mungkin reflek langsung memarahi anaknya, tapi ada pula yang bingung harus bersikap.

Beberapa hal yang Anda harus pahami ketika ingin bersikap adalah jenis kebohongan yang dilakukan oleh anak, situasi dan usia anak.

Hal itu karena semua anak pasti pernah mencoba berbohong dan hal itu wajar ketika mereka sedang belajar bersosialisasi di tengah masyarakat.

Baca Juga: 4 Posisi Seks yang Cocok untuk Wanita Bertubuh Pendek, Coba Malam Ini!

Anda tidak bisa mengabaikannya dan diam saja ketika anak lebih sering berbohong dan seolah menikmatinya tanpa penyesalan.

Secara umum, ada beberapa alasan yang membuat anak memilih berbohong daripada jujur. Mereka mencoba membuat diri mereka merasa lebih baik atau terlihat lebih keren dengan membual.

Ilustrasi Berbohong.(Pexels/monstera)
Ilustrasi Berbohong.(Pexels/monstera)

Mereka juga mungkin berbohong karena melakukan kesalahan dan takut atau malu untuk mengatakan yang sebenarnya. Mereka mungkin membuat beberapa kerusakan dan tidak ingin ketahuan sehingga memilih berbohong.

Jadi, kebohongan yang dilakukan oleh anak-anak bisa jadi bukan sesuatu yang besar untuk dipermasalahkan. Tapi, kebohongan itu bisa jadi membahayakan anak maupun orang lain.

Oleh karenanya, orangtua perlu memastikan hal tersebut dan mencari tahu alasan anak berbohong. Setelah itu, orangtua bisa mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan situasi secara efektif.

Baca Juga: Tak Perlu Tempat Tidur, 6 Posisi Seks Ini Bisa Kamu Coba di Mana Saja

Beberapa anak tidak berbohong secara sadar dan itu benar-benar menjadi bagian dari kebiasaan mereka. Mereka tidak dapat mengendalikan kebiasaan ini, arena sedang berjuang mengatur pikiran mereka atau memikirkan konsekuensinya bila berbohong.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa langkah yang bisa diterapkan agar anak lebih jujur dan enggan berbohong.

1. Berikan kepercayaan

Jika Anda tidak berusaha melihat sisi baik anak ketika melakukan satu kesalahan, kemungkinan besar anak tidak akan mempercayai Anda untuk berbagi kebenaran dan kesalahannya.

Anda juga harus memiliki sifat pemaaf dan tidak terlalu marah atau kesal ketika mereka berbuat salah. Jika tidak, anak akan berusaha keras untuk berbohong setiap kali berbuat kesalahan.

2. Ceritakan kisah yang menginspirasi anak

Sebuah penelitian menemukan bahwa kisah atau dongeng yang berisi nilai positif, seperti cerita tentang anak yang tidak malu mengakui kesalahannya bisa menjadi inspirasi anak-anak agar selalu jujur.

3. Berikan contoh

Sebelum menuntut anak untuk jujur, orangtua juga harus memberi contoh dengan tidak memanipulasi anak agar mereka berperilaku baik.

Saat anak menyadari Anda sedang berusaha memanipulasi mereka atau berbohong, mereka bisa mencontoh perilaku ini sebagai sesuatu yang boleh dilakukan.

Komentar