facebook

WHO Khawatir Penularan Cacar Monyet ke Wanita Hamil, Mengapa?

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
WHO Khawatir Penularan Cacar Monyet ke Wanita Hamil, Mengapa?
Ilustrasi Wanita hamil. (Pixabay)

Cacar monyet sangat mudah menyebar karena dapat ditularkan melalui kontak kulit ke kulit.

Suara.com - Kasus cacar monyet terus menyebar secara global. Kini, pakar kesehatan memperingatkan kepada wanita hamil untuk mewaspadai gejalanya.

Kebanyakan orang yang tertular virus monkeypox akan mengalami penyakit ringan, tetapi bisa sangat berbahaya jika mengenai orang yang sangat rentan, termasuk wanita hamil.

Sebagian besar kasus sekarang terjadi pada laki-laki, tetapi infeksi sangat mudah menyebar karena dapat ditularkan melalui kontak kulit ke kulit.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) minggu ini memperingatkan penyebaran virus yang terus-menerus bisa mengkhawatirkan kelompok tertentu.

Baca Juga: Ria Ricis Hamil Besar Masih Renang di Laut Jadi Mermaid, Netizen: Sudah Mau Lahiran Jangan Aneh-Aneh

"Saya khawatir tentang penularan berkelanjutan karena itu akan membuat virus bisa 'membangun' dirinya sendiri dan dapat berpindah ke kelompok berisiko tinggi, termasuk anak-anak, wanita dengan gangguan kekebalan dan wanita hamil," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, dilansir The Sun.

 Ilustrasi Penderita Cacar Monyet - Cara Mencegah Cacar Monyet (Pixabay)
 Ilustrasi Cacar Monyet  (Pixabay)

Wanita hamil lebih rentan terhadap penyakit karena sistem kekebalan tubuh mereka sedang rendah.

Saat seseorang hamil, bagian-bagian tertentu dari sistem kekebalan akan meningkat untuk menumbuhkan janin, sementara bagian lainnya berkurang.

Tetapi selama waktu ini, sistem kekebalan wanita hamil dalam keadaan naik turun, karena terus-menerus mencoba menyesuaikan tubuh yang terus berubah.

Karenanya, wanita hamil berada dalam bahaya, sehingga mereka jadi lebih rentan terhadap virus seperti monkeypox dan Covid-19.

Baca Juga: 2 Kali Keguguran, Fendy Chow dan Istri Sempat Tak Percaya Hamil sebelum Dengar Detak Jantung Bayi

Komentar