facebook

Simak, Ini Perbedaan Ganja Medis dan Tanaman Ganja Agar Tidak Salah

Agatha Vidya Nariswari
Simak, Ini Perbedaan Ganja Medis dan Tanaman Ganja Agar Tidak Salah
Ilustrasi ganja - ganja medis itu apa (Pexels)

Berikut perbedaan ganja medis dan tanaman ganja.

Suara.com - Gagasan legalisasi ganja medis menjadi perbincangan sejak adanya seorang ibu yang memohon agar ganja medis dilegalkan untuk pengobatan anaknya. Namun, ternyata ganja medis dengan tanaman ganja dianggap sama oleh banyak orang. Masyarakat pun masih membingungkan hal tersebut. Berikut penjelasannya.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Inonesia (PB IDI), dr. Adib Khumaidi, SpOT mengatakan bahwa ganja medis merupakan senyawa yang berasal dari tanaman ganja. Hal ini menunjukkan bahwa tanaman ganja tidak bisa langsung digunakan sebagai pengobatan.

Ganja medis

Ganja medis sendiri adalah produk derivatif dari tanaman ganja. Ganja medis digunakan khusus untuk kepentingan pengobatan dan tidak untuk penggunaan rekreasi.

Baca Juga: Penggunaan Ganja Medis Harus Berbasis Bukti Klinis

Ganja medis ini berupa ekstrak dari tanaman ganja atau berupa isolaso dari senyawa yang terkandung dalam tanaman ganja.

Kesimpulannya, dari tanaman yang digunakan pada umumnya memang sama. Akan tetapi, tanaman ganja tidak serta merta bisa langsung digunakan untuk pengobatan. Ganja medis harus melewati proses yakni clinical trials, referensi ilmiah, dan kajian pendukung sebelum digunakan untuk terapi atau penyembuhan.  Hal ini perlu dilakukan lantaran demi keamanan pasien agar tidak mengalami efek samping yang buruk.

Tanaman ganja

Sedangkan tanaman ganja merupakan tanaman yang benar-benar masih mentah dan tidak melalui proses tersebut. Tanaman ganja tidak boleh langsung dan serta merta dikonsumsi karena ada takaran dosis yang harus dipatuhi.

Pelanggaran dosis dan penyalahgunaan ganja dapat menimbulkan efek samping yang buruk bagi manusia normal pada umumnya maupun terhadap pasien.

Baca Juga: Bawa dari Thailand, Bule Brazil Ini Mengaku Tak Tahu Jika di Indonesia Ganja Dilarang

Pemerintah pun menghimbau masyarakat untuk memahami perbedaannya sehingga tidak serta merta menggunakan tanaman ganja untuk pengobatan suatu penyakit hanya karena ada wacana pelegalan.

Penjelasan di atas dapat disimpulkan sebagai berikut.

Ganja Medis

  • Dari senyawa tanaman ganja
  • Harus melalui proses penelitian
  • Dosis ditakar sesuai ketentuan
  • Melewati proses clinial trials

Tanaman Ganja

  • Bukan untuk kepentingan pengobatan
  • Masih belum melewati proses penelitian
  • Belum melewati proses clinical trials
  • Penggunaan asal asalan tidak diperbolehkan karena tidak sesuai takaran

Kontributor : Annisa Fianni Sisma

Komentar