facebook

Langkah Melakukan Pijat Payudara Sendiri di Rumah

Risna Halidi
Langkah Melakukan Pijat Payudara Sendiri di Rumah
Ilustrasi pijat payudara (Elements Envato)

Berikut lengkah-langkah untuk melakukan pijat payudara sendiri di rumah!

Suara.com - Pijat payudara bisa menjadi pilihan untuk menjaga kebugaran serta penampilan di area intim perempuan tersebut. Cara pijat payudara juga cukup sederhana dan bisa dilakukan hanya 10 atau 15 menit.

Seperti diketahui sebelumnya, pijat payudara memiliki beragam manfaat mulai dari deteksi dini tumor atau kanker payudara, melancarkan sistem kerja limfatik, melancarkan produksi ASI ibu hamil serta memperbaiki penampilan payudara.

Dikutip dari Hello Sehat, berikut lengkah-langkah untuk melakukan pijat payudara sendiri di rumah!

  1. Fokuskan pijatan pada satu payudara terlebih dahulu. Letakkan satu tangan di bagian atas payudara, dan satu tangan lagi di bagian bawahnya.
  2. Pijat payudara dengan gerakan melingkar, sembari sedikit memberikan tekanan. Lakukan hal yang sama pada bagian payudara lainnya.
  3. Jika ingin sembari mengecek adanya benjolan yang berisiko kanker, Anda bisa melakukan pijatan di depan cermin atau sambil berbaring.
  4. Angkat salah satu tangan ke atas, dan tangan lainnya digunakan untuk memijat sekaligus memeriksa salah satu payudara.
  5. Berikan tekanan yang ringan, sedang, sampai agak kuat saat memijat semua bagian payudara.
  6. Pastikan pijatan yang dilakukan sampai ke bagian ketiak yang berhubungan langsung dengan payudara.
  7. Ulangi hal tersebut pada bagian payudara yang lainnya.
  8. Akhiri pijatan dengan sedikit meremas bagian puting susu. Jika terasa sakit yang tidak normal, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Demi memastikan kondisi payudara yang sesungguhnya, Anda bisa berdiri di depan cermin untuk melakukan pemeriksaan visual melalui penglihatan.

Baca Juga: Marshanda Mengaku Sembuh dari Kanker, Warganet Malah Khawatir

Carilah perbedaan ukuran, bentuk, serta perubahan warna yang mungkin menandakan ada yang tidak beres dengan payudara Anda.

Komentar