facebook

Update Covid-19 Global: Inggris Vaksinasi Dosis ke-4 Lansia 50 Tahun ke Atas

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Update Covid-19 Global: Inggris Vaksinasi Dosis ke-4 Lansia 50 Tahun ke Atas
Ilustrasi vaksin booster (Pixabay)

Vaksin booster tambahan untuk orang yang berpotensi sakit parah.

Suara.com - Update Covid-19 global mengabarkan Inggris yang mulai memberikan vaksinasi dosis keempat untuk lansia (lanjut usia) berusia 50 tahun ke atas.

Mengutip Mirror, Inggris sedang melakukan perluasan dan kelayakan vaksinasi berdasarkan rekomendasi Joint Committee on Vaccination and Immunisation (JCVI), salah satunya masyarakat berusia di atas 50 tahun berkesempatan mendapatkan vaksin booster kedua atau vaksin Covid-19 dosis keempat.

Anggota JCVI, Prof. Adam Finn, enggan memberi informasi lebih lanjut, tapi menurutnya suntikan booster terbaru cukup terlambat untuk melindungi dari lonjakan Covid-19 saat ini.

"Karena sedikit orang dewasa muda dan anak-anak yang sakit parah, sangat sedikit keuntungan yang didapat saat mengimunisasi mereka," ujar Prof. Finn.

Baca Juga: Epidemiolog Dukung Penuh Kebijakan Masuk Mal Wajib Booster Covid-19

Inilah sebabnya JCVI lebih merekomendasikan vaksin booster tambahan untuk orang yang berpotensi sakit parah, yakni lansia dan orang yang memiliki komorbiditas atau penyakit penyerta.

JCVI pada Mei 2023 mendatang, hanya akan menawarkan vaksin dosis keempat untuk usia di atas 65 tahun, dan jika kebijakan diperluas maka usia diatas 50 tahun juga berkesempatan dapat vaksin ini.

Data Worldometers, Kamis (7/7/2022), mencatat infeksi baru masih bertambah 720 ribu kasus dalam sehari, dengan 1.189 orang yang baru saja meninggal dunia.

Kini total yang sudah terinfeksi ada 557 juta orang dan 6,3 juta di antaranya meninggal dunia. Jumlah orang yang bisa menularkan virus atau kasus aktif tercatat masih ada 19,5 juta orang.

Baca Juga: Vaksin Booster Jadi Syarat Kegiatan Masyarakat

Komentar