facebook

6 Cara Menjaga Organ Reproduksi Perempuan, Mesti Dicatat Nih!

Bimo Aria Fundrika
6 Cara Menjaga Organ Reproduksi Perempuan, Mesti Dicatat Nih!
ilustrasi vagina. (Shutterstock)

Peran organ reproduksi ini dapat dijaga jika perempuan mengetahui secara menyeluruh dalam melakukan pola kebersihan organ vagina secara konsisten.

Suara.com - Organ reproduksi perempuan memiliki peran vital dalam menjaga tingkat kesuburan reproduksi dan kesimbangan hormon tubuh. Peran organ reproduksi ini dapat dijaga jika perempuan mengetahui secara menyeluruh dalam melakukan pola kebersihan organ vagina secara konsisten.

"Seluruh bagian luar dan dalam dari organ reproduksi ini, termasuk vagina secara konsisten wajib dijaga kebersihannya dan yang juga penting semua akan berhubungan dengan sistem kerja otak", ujar Siloam Hospitals Agora, dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr. Andrew Putranagara, Sp. OG, dalam keterangannya, Kamis, (7/7/2022).

Ada beberapa cara menjaga kesehatan reproduksi perempuan yang bisa dilakukan. Berikut enam langkah tepat yang dapat dilakukan dari edukasi yang disampaikan dr. Andrew Putranagara Sp.OG., dari Siloam Hospitals Agora.

1. Menggunakan air yang mengalir

Baca Juga: 6 Fakta Seputar Miss V yang Penting Diketahui: Dari Letak G-Spot Hingga Mitos Selaput Dara

Penggunaan sabun atau pembersih vagina yang tidak sesuai dapat menyebabkan iritasi pada organ vagina. Pasalnya vagina memiliki kadar keasaman atau Ph sekitar 3,8 sampai 4,5. Sabun dan produk pembersih lainnya bisa mengganggu keseimbangan Ph perempuan dan memicu vagina menjadi kering hingga infeksi. Untuk itu, dokter Andrew menyarankan agar membersihkan vagina secara berkala dengan air mengalir dan membasuh area ini dengan melakukan dari depan ke belakang guna mencegah bakteri dari anus berpindah ke vagina.

2. Jaga Kenyamanan Organ

Menjaga kenyamanan organ vital pada perempuan dapat dilakukan melalui penggunakan celana dalam dengan bahan katun yang sesuai. Saat siklus haid, mengganti pembalut setiap empat jam merupakan hal yang mutlak.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Pola makan sangat mempengaruhi kesehatan reproduksi. Pola makan tidak sehat dan tidak tepat dapat mengganggu kesuburan. Untuk itu, perempuan disarankan untuk menjaga pola makan sehat bergizi lengkap dan seimbang setidap hari.

Baca Juga: Istri Terkena Vaginismus, Suami Malah Ancam Ajukan Cerai Jika Dalam Waktu 2 Bulan Tak Sembuh

Dalam edukasinya, dr. Andrew Putranagara Sp.OG., mengingatkan agar menghindari konsumsi makanan berkadar gula berlebihan, makanan olahan, makanan cepat saji, atau segala jenis makanan beku.

Komentar