facebook

Jangan Malu, Ini 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Anda Berkeringat

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Jangan Malu, Ini 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Anda Berkeringat
Ilustrasi panas berkeringat. Tangkapan layar (Pexels/Fabio Pelegrino)

Ada beberapa kondisi yang sedang terjadi pada tubuh ketika Anda berkeringat.

Suara.com - Anda mungkin merasa tidak percaya diri ketika berkeringat. Meskipun berkeringat adalah fungsi alami tubuh manusia, banyak yang menganggap bercak keringat menyebabkan rasa malu.

Ada banyak hal yang menyebabkan kita berkeringat, termasuk berolahraga, menderita demam, cuaca panas, dan gugup.

Tapi dilansir dari Mirror UK, kita juga tidak bisa menghindar untuk tidak berkeringat karena itu fungsi alami tubuh. Berkeringat juga memberikan banyak hal positif bagi tubuh, antara lain:

1. Mendetoksifikasi tubuh

Baca Juga: WHO: Kasus Cacar Monyet Terancam Dinyatakan sebagai Darurat Kesehatan Global

Menurut penelitian, kelenjar keringat membantu kulit kita menyaring racun dari tubuh, termasuk produk limbah dan alkohol yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Sebuah penelitian pada tahun 2016 mengungkapkan bahwa orang yang rutin olahraga memiliki kadar logam berat yang lebih rendah dalam tubuh mereka, seperti merkuri dan timbal.

Paparan kadar logam berat dosis tinggi inilah yang bisa mengurangi tingkat energi dan memiliki efek merusak pada organ.

Ilustrasi Berkeringat (freepik)
Ilustrasi Berkeringat (freepik)

2. Mencegah kita dari kepanasan

Fungsi utama keringat adalah untuk mengontrol suhu tubuh kita. Melanie Palm, MD, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Art of Skin MD di San Diego, mengatakan keringat memiliki fungsi penting untuk mendinginkan tubuh kita secara efektif.

Baca Juga: Studi: Mutasi Virus Corona Bikin Gejala Anosmia Semakin Jarang Ditemukan

3. Penurunan berat badan

Berkeringat itu sendiri tidak membakar jumlah kalori yang terukur, tetapi dapat mempercepat hilangnya berat air dalam tubuh Anda.

Robert A. Huggins, Ph.D., presiden penelitian dan kinerja dan keselamatan atlet di Korey Stringer Institute di University of Connecticut, menjelaskan perubahan ini hanya sementara.

Karena, ini bukan massa lemak yang merupakan berat yang dimiliki kebanyakan orang. Menurut bukti, olahraga yang lebih mengeluarkan keringat terkait dengan sesi yang lebih intens.

Saat tubuh bekerja keras untuk mendinginkan Anda, Anda juga menggunakan energi dan membakar kalori.

4. Kulit sehat

Berkeringat adalah perlindungan netral dari kuman dan bakteri, karena pori-pori kita terbuka saat berkeringat. Dermatologis Dr. Viscusi menjelaskan keringat bisa mendorong pori-pori Anda untuk mengeluarkan minyak dan kotoran.

Saat keringat terkumpul dan mengering di kulit, kotoran, minyak dan bakteri ini terperangkap di bawah kulit Anda, sehingga kondisi ini akan menyebabkan jerawat.

Keringat juga meningkatkan aliran darah, yang membantu menjaga kesehatan kulit dengan memastikan sel-sel kulit mendapatkan nutrisi dan oksigen yang mereka butuhkan.

5. Mengurangi risiko batu ginjal

Kelenjar keringat melepaskan air ke permukaan kulit Anda, sehingga Anda tidak keseringan buang air kecil ke toilet.

Pada gilirannya, ini menurunkan risiko terjadinya batuk ginjal. Karena, kita akan cenderung lebih banyak minum air ketika berkeringat.

Komentar