Tanya Seksolog: Apa Benar Ukuran Penis Dapat Diukur dengan Panjang Jari Telunjuk?

M. Reza Sulaiman | Fajar Ramadhan
Tanya Seksolog: Apa Benar Ukuran Penis Dapat Diukur dengan Panjang Jari Telunjuk?
Ilustrasi penis, ukuran penis. (Shutterstock)

Tanya Seksolog kali ini membahas mengenai cara mengukur penis. Benarkah panjang jari telunjuk berbanding lurus dengan panjang penis?

Suara.com - Tanya Seksolog kali ini membahas mengenai cara mengukur penis. Seperti yang diketahui, ukuran penis menjadi suatu hal yang memang menarik perhatian dan sering diperbincangkan.

Biasanya, untuk melihat ukuran penis, seseorang menggunakan penggaris untuk mengukurnya. Namun, banyak ucapan yang mengatakan, kalau ukuran penis dapat diketahui dari panjang jari orang tersebut. Dikatakan, penis pria dapat dibandingkan dengan seberapa panjang ukuran jari telunjuk.

Menanggapi hal ini, seorang Seksolog Dr. Karan Rajan melalui video di akun Tiktok pribadinya mengatakan, hal tersebut dapat memiliki kemungkinan adanya. Apalagi, terdapat penelitian yang mengungkapkan isu tersebut.

Ilustrasi tanya seksolog: benarkah ukuran telunjuk sama dengan ukuran penis? (Shutterstock).
Ilustrasi tanya seksolog: benarkah ukuran telunjuk sama dengan ukuran penis? (Shutterstock).

“Anda bisa menebak ukuran penis pria dari seberapa pendek jari telunjuknya,” ujar Dr. Karan Rajan dalam unggahannya, dilansir NY Post.

Baca Juga: Tanya Nutrisionis: Apakah Air Minum Dalam Kemasan Lebih Baik Daripada Air Tanah?

Lantas bagaimana sebenarnya kebenaran mengenai isu tersebut? Simak ulasan tanya seksolog berikut!

Apakah benar ukuran penis dapat diukur dari seberapa pendek jari telunjuk?

Dikatakan, seorang pria dapat mengukur penisnya, melalui pendek jari telunjuk yang dimilikinya. Berdasarkan studi urologi 2011 di Asian Journal of Andrology, ditemukan bahwa orang dengan jari telunjuk lebih pendek dari dari jari manis memiliki penis dengan ukuran yang lebih besar.

Lalu bagaimana cara menghitung ukuran penis yang akurat?

Cara mengukur ukuran penis diukur dengan membagi panjang jari telunjuk (2D) dengan jari manis (4D). Semakin kecil jari telunjuk, makan semakin rendah rasio 2D dan 4D. Rasio ini nantinya akan menunjukkan testosteron dalam rahim.

Baca Juga: Tanya Dokter: Benarkah Gigi Berlubang Bisa Sebabkan Sakit Sinus?

Apa kaitannya testosteron dengan ukuran penis dan panjang jari?