Gerakan Pijat Bayi untuk Batuk dan Pilek, Ampuh Encerkan Dahak dan Lendir Tanpa Obat

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Gerakan Pijat Bayi untuk Batuk dan Pilek, Ampuh Encerkan Dahak dan Lendir Tanpa Obat
Ilustrasi Pijat bayi [Suara.com/Risna]

Menurut pakar, lakukan pijat bayi bisa dilakukan mengatasi batuk pilek. Bagaimana cara melakukannya?

Suara.com - Orangtua disarankan tidak langsung memberikan obat saat bayi batuk dan pilek. Menurut pakar, lakukan pijat bayi bisa dilakukan mengatasi batuk pilek.

Ahli Pijat Bayi, Evi Putri Damayanti mengatakan saat pilek bayi sulit bernapas karena lendir yang bertumpuk di hidung, dan mereka belum bisa mengeluarkan lendir tersebut.

Kondisi ini berbeda dari orang dewasa yang sudah bisa mengeluarkannya sendiri, sehingga umumnya bayi butuh bantuan. Namun daripada langsung mengandalkan obat, pijatan juga bisa bantu mengeluarkan lendir pada hidung bayi.

"Jadi kita bisa pencet bagian pelipis di bawah mata yang sejajar dengan hidung kita pencet sekitar 1 hingga menit. Setelah itu kita gerakan dari bagian atas samping mata ke bawah, membantu untuk menurunkan lendir yang tertumpuk di dalam hidung. Biasanya lendirnya keluar kalau untuk pilek," ungkap Evi dalam acara Cessa Natural Essential Oil for Baby and Kids di IMBEX BAZAAR, JCC, Jakarta Selatan, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga: Zaidul Akbar Ceritakan Kisah Bocah Penderita Sakit Ginjal yang Sembuh Karena Dibelikan HP Baru

Ilustrasi pijat bayi (Elements Envato)
Ilustrasi pijat bayi (Elements Envato)

Pijatan untuk bayi pilek di bagian mata, sebaiknya fokus di bawah pelipis usap dengan lembut hingga bayi tenang, tapi saat ia menangis sebaiknya pijatan dihentikan karena menandakan ia tidak nyaman.

Perempuan yang juga Founder VY Mom Baby Care Massage Expert itu menambahkan, pijatan juga akan berbeda bila kondisi anak sakit batuk, terlebih bila batuk berdahak maka akan sulit mengeluarkan dahak. Di sinilah peran pijatan di dada bayi batuk untuk mengencerkan dahak.

"Nah kita lakukan teknik pijat di bagian dada dengan tujuan mengencerkan dahak. Ketika dahak encer di biasanya bisa keluar melalui muntah atau bisa juga melalui pup nya," terang Evi.

Adapun gerakan pijat ini yaitu usapan berbentuk huruf dan bentuk i love you di dada, lalu usapan ke arah kanan dan kiri pundak, sambil dioleskan essential oil atau minyak esensial dengan aroma khusus.

"Bisa gunakan cessa (esensial oil) untuk batuk pilek, kita oleskan di bagian dada sambil dipijat. Jadi kita pijat di bagian dada. Selain itu essensial oil dia bisa terhirup juga. Sangat efektif untuk batuk pilek," jelas Evi.

Baca Juga: Katanya Beri Pijatan Pada Anak Bikin Bahagia, Tapi Kok Zaskia Adya Mecca Malah Stres?

Gerakan saat bayi batuk pilek, orangtua juga diminta fokus untuk memijat area perut menggunakan dua telapak tangan secara bergantian, khususnya saat perut anak sedang kembung.

"Jadi fokus di bagian perut, gerakan kanan kiri kanan kiri, terus kita putar dari mulai bagian pusat searah jarum jam. Bisa dilakukan sekitar 10 hingga 15 menit selama bayi nyaman," ungkap Evi.

Namun ia menegaskan, meski orangtua kerap lakukan pijatan di bagian wajah, esensial oil hanya boleh diusapkan pada badan bayi, dan tidak boleh di bagian wajah karena khawatir bayi iritasi atau terkena mata, maupun tertelan di mulut.

"Biasanya sebelum kita lakukan massage (pijat), posisikan bayi senyaman mungkin. Biasabya kita berikan alas yang empuk dan nyaman, serta bayinya sudah tiduran," tutup Evi.