Tambahkan Rempah dalam Masakan, Ini Manfaat yang Anda Rasakan

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Tambahkan Rempah dalam Masakan, Ini Manfaat yang Anda Rasakan
Ilustrasi kunyit. (Shutterstock)

Tak hanya bikin masakan jadi lezat, tapi juga menyehatkan.

Suara.com - Menambahkan rempah-rempah ke dalam masakan tak hanya membuatnya lezat dan beraroma khas, tetapi juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan. Bahkan penelitian menyebut rempah-rempah merupakan senjata ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit mulai dari kanker hingga Alzheimer.

Pasalnya, rempah-rempah juga mengandung antioksidan seperti yang kerap ditemukan dalam buah dan sayuran. Lalu, apa saja rempah-rempah yang menyimpan manfaat kesehatan? Berikut ulasannya seperti dilansir Boldsky

1. Kunyit
Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah sehat yang memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Rempah satu ini memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang efektif dalam mencegah banyak penyakit. Kunyit juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan seperti arthritis dan kanker. Selain itu kunyit memiliki kemampuan untuk menenangkan sistem pencernaan.

2. Jinten
Jinten memiliki segudang manfaat kesehatan. Bumbu dapur satu ini baik untuk sistem pencernaan dan dapat mencegah diabetes. Bahkan mengonsumsi makanan yang mengandung jinten dapat meningkatkan kekebalan tubuh merupakan sumber zat besi yang baik.

3. Peterseli
Peterseli kaya akan antioksidan dan merupakan sumber vitamin K dan C. Bumbu dapur satu ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, mendetoksifikasi tubuh, mengontrol kadar gula darah, mencegah batu ginjal dan memperkuat tulang.

4. Jahe
Jahe merupakan salah satu bumbu dapur yang populer dan dikenal memiliki beragam manfaat kesehatan. Anda bisa menyeduhnya sebagai minuman atau menambahkannya dalam masakan. Jahe berkhasiat untuk mengatasi mual, batuk, menghangatkan badan, mengurangi nyeri otot dan mencegah osteoporosis.

5. Kayu Manis
Kayu manis juga merupakan bumbu dapur yang sering ditambahkan di berbagai menu masakan. Kayu manis dipercaya dapat mengelola kadar kolesterol, mencegah kanker, meningkatkan metabolisme dan menjaga gula darah tetap normal.

6. Adas
Adas populer digunakan sebagai penyegar mulut. Mengonsumsi makanan yang mengandung adas dipercaya dapat mencegah sembelit, diare, mengatasi masalah obesitas, dan melindungi tubuh terhadap risiko kanker tertentu.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS