Kenali Lima Penyebab Mimpi Buruk Berikut Ini

Esti Utami | Firsta Nodia
Kenali Lima Penyebab Mimpi Buruk Berikut Ini
Ilustrasi. (Shutterstock)

Bahkan makanan yang Anda asup sebelum tidur bisa memicu mimpi buruk.

Suara.com - Mimpi atau bunga tidur kerap dialami setiap orang. Ada yang bisa dengan mudah mengingat isi mimpinya, namun tak sedikit yang lupa.

Kebanyakan mimpi yang mudah diingat adalah mimpi aneh atau mimpi buruk. Dan ternyata mimpi buruk kadang dipicu oleh berbagai hal yang kita lakukan sebelum tidur.

Nah, pastikan Anda mengetahui lima penyebab mimpi buruk, seperti dikutip dari Menshealth berikut:

1. Konsumsi makanan pedas sebelum tidur
Menurut dokter spesialis kedokteran tidur Robert S. Rosenberg, konsumsi makanan pedas sebelum tidur adalah salah satu penyebab mimpi buruk.
"Makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh yang memicu aktivitas otak, terutama selama tahap REM di mana mimpi terjadi," ujar Rosenberg.

2. Menonton TV sebelum tidur
Menonton televisi sebelum tidur banyak dilakukan orang. Bahkan tak jarang orang yang memiliki televisi di kamar tidurnya. Menurut Rosenberg, cuplikan tayangan televisi dapat terbawa ke alam bawah sadar seseorang yang mengakibatkan dirinya mengalami mimpi buruk.
"Mimpi berasal dari pikiran bawah sadar, jadi ketika Anda menonton suatu tayangan televisi sebelum tidur maka Anda akan mengalami ikatan emosional yang kuat dan membawanya ke dalam mimpi," ujar Rosenberg.

3. Memiliki masalah gangguan tidur
Jika Anda sering mendengkur saat tidur itu tandanya Anda mengalami gangguan tidur yang disebut sleep apnea. Kondisi ini dapat mengakibatkan Anda mengalami mimpi buruk yang tak diinginkan. Biasanya sleep apnea muncul ketika seseorang merasa kelelahan sehingga turut berkontribusi memicu mimpi buruk.

4. Kurang tidur di malam sebelumnya
Saat anda kurang tidur, maka Anda mengalami efek yang lebih kuat saat mencapai tahap REM atau dimana mimpi terjadi. Mimpi akan terjadi lebih intens dan biasanya menggambarkan sesuatu yang aneh atau menakutkan.

5. Stres
Stres dan kecemasan yang berlebihan pada siang hari juga dapat memicu otak untuk mengeluarkan mimpi-mimpi yang buruk. Oleh karena itu sebelum tidur, pastikan untuk tidak memikirkan hal-hal yang dapat membuat tidur Anda menjadi tak nyenyak.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS