Penerbangan Komersial Terlama dan Terpanjang di Dunia Mendarat

Dythia Novianty
Penerbangan Komersial Terlama dan Terpanjang di Dunia Mendarat
Penerbangan terpanjang dan terlama di dunia. [Twitter Qatar Airways]

Penerbangan komersial terpanjang di dunia, akhirnya melakukan pendaratan.

Suara.com - Penerbangan komersial terpanjang di dunia, akhirnya melakukan pendaratan di Selandia Baru, Senin (6/2/2017). Penerbangan dengan maskapai Qatar Airways itu menempuh perjalanan 14.535 kilometer (9.032 mil) dengan rute Doha-Aukhland.

"Kami resmi mendarat di Auckland," cuitan maskapai dengan nomor penerbangan QR920, mendarat pada 07:25 (18:25 GMT pada hari Minggu) waktu setempat.

Waktu kedatangan tersebut justru lima menit lebih cepat dari jadwal penerbangann dengan total lama perjalanan berlangsung 16 jam dan 23 menit.

Rute penerbangan jarak jauh ini ditempuh dnegan Boeing 777-200LR, berhasil melintasi 10 zona waktu pada penerbangan secara maraton.

Qatar Airways mencatat penerbangan itu lebih panjang dari seluruh tayangan trilogie film "Lord of the Rings" dan "The Hobbit".

Selama penerbangan, pesawat dikepalai empat pilot serta 15 awak kabin yang bertugas menyajikan 1.100 cangkir teh dan kopi, 2.000 minuman dingin dan 1.036 makanan selama penerbangan.

Penerbangan ini merupakan perdana dan sebagai tradisi internasional, layanan penyelamatan udara Aukland menyambut kedatangan pesawat dengan letusan meriam.

Menteri Perdagangan Selandia Baru Todd McClay mengatakan, layanan rute baru ini diperkirakan akan menyumbang pemasukan jauh melebihi dari 36 juta dolar AS atau sekitar Rp480 miliaran. Terutama didorong dengan peningkatan kapasitas angkutan yang disediakan.

Pada Maret tahun lalu, maskapai penerbangan Emirates meluncurkan rute non stop komersial yang dianggap terpanjang di dunia, dengan layanan dari Dubai ke Auckland, mencakup 14.200km (8.824 mil). [The Guardian]

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS