Isi "Black Box" Pesawat Ini Bisa Dipantau Langsung oleh ATC

Doddy Rosadi
Isi "Black Box" Pesawat Ini Bisa Dipantau Langsung oleh ATC
Qatar Airways. (Shutterstock)

Belum ada maskapai yang mempunyai sistem seperti ini.

Suara.com - Qatar Airways tengah menguji coba sebuah sistem baru di mana rekaman data penerbangan pesawat bisa diteruskan dari kotak hitam langsung ke menara pengawas (Air Traffic Controller) selama pesawat itu masih di udara. Maskapai Uni Emirat Arab itu akan menjadi pesawat pertama yang mempunyai sistem tersebut.

Dengan sistem ini, menara pengawas bisa mengetahui semua yang terjadi di pesawat itu selama di udara. Selama ini, rekaman data penerbangan tersimpan di dalam kotak hitam sehingga apabila terjadi kecelakaan maka untuk menentukan penyebab kecelakaan harus melalui black box.

Presiden Direktur Qatar Airways Al Baker mengatakan, terobosan yang dilakukan oleh Qatar Airways merupakan upaya untuk menjadikan maskapai ini sebagai yang terdepan di industri penerbangan.

“Itulah kenapa maskapai penerbangan Eropa tidak bisa menyaingi kami. Di Timur Tengah, kami adalah pemimpin di industri penerbangan,” kata Baker.

Belum lama ini, Qatar Airways memperkenalkan pesawat Airbus A350XWB yang merupakan pesawat jet komersial pertama yang digunakan oleh maskapai penerbangan. Pesawat itu sudah melakukan penerbangan pertama dari Doha menuju Frankfurt. (Emirates24/7)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS