Ini Dia Perkembangan Gaya Rambut Lelaki dari Masa ke Masa

Ririn Indriani | Dinda Rachmawati
Ini Dia Perkembangan Gaya Rambut Lelaki dari Masa ke Masa
Ilustrasi gaya rambut lelaki. (Shutterstock)

Gaya rambut lelaki yang terus berubah dipengaruhi berbagai hal.

Suara.com - Bukan cuma perempuan, lelaki juga selalu mencoba berbagai gaya rambut terbaru. Ini dapat dilihat dari perkembangan gaya rambut yang terus berbeda dari masa ke masa.

Manager General Advertising & Promotion PR Mandom Indonesia (Gatsby), Ade Firdaus menjelaskan, gaya rambut yang terus berubah ini biasanya dipengaruhi oleh berbagai hal, mulai dari kondisi sosial, budaya dan gaya hidup pada masa tersebut.

Nah, ingin tahu, tren dan perkembangan gaya rambut lelaki dari masa ke masa? Berikut penjelasannya.

Tahun 50-70an

Rockabilly, salah satu gaya rambut lelaki di era klasik. (Shutterstock)

Masa yang disebut sebagai era klasik ini kata Ade menghasilkan dua gaya rambut berbeda, yakni Military dan Rockabilly. Gaya rambut Military atau Militer, dipengaruhi oleh masa perang saat itu, sehingga gaya rambut yang dihasilkan lebih terbatas.

"Militer itu yang kita tahu pasti pendek, cepak, rapi, klimis dengan sisi maskulin yang kental," kata dia.

Setelah usai masa perang, lelaki pada masa tersebut mulai berani dalam mengekspresikan dirinya, melalui berbagai gaya hidup yang lebih terbuka dan rock n roll. Inilah yang menghadirkan gaya rambut Rockabilly, dengan penataan classic pompadour dan classic grease.

Tahun 80-2000an

Model rambut punk untuk lelaki. (Shutterstock)

Disebut sebagai era milenium, gaya rambut di masa ini terbagi menjadi dua, yakni Rockstar dan J Style, dengan berbagai aliran musik yang mulai masuk dan diterima sebagai bagian dari gaya hidup. Tak heran jika pada masa ini, penataan rambut spike dan punk banyak terlihat.

Selanjutnya ialah J Style, yang dipengaruhi budaya Jepang yang mulai masuk ke berbagai belahan dunia. Ciri khas rambut J Style terletak pada penataan yang berantakan atau acak yang menjadi pusat perhatian.

Tahun 2010 - sekarang

Ilustrasi model rambut lelaki modern. (Shutterstock)Masa sekarang disebut sebagai gaya Neo Classic yang dipengaruhi oleh berbagai gaya rambut masa lalu, namun bertransformasi menjadi lebih modern. Berbagai hal mempengaruhi gaya rambut Neo Classic ini.

"Sporno singkatan dari sport plus metroseksual. Mulai banyak dipakai oleh mereka yang aktif berkegiatan. Gaya rambut ini juga dipengaruhi oleh Internet trend waves, seperti adanya sosial media, Vlogger, Google," ujar Ade.

Masa ini adalah masa di mana tidak adanya batasan, lelaki bebas mebgekspresikan dirinya tanpa rasa malu. Apalagi saat ini, pertumbuhan Barbershop luar biasa.

Lewat barbershop, lelaki bukan hanya bisa untuk memotong rambutnya, tapi juga mengetahui gaya rambut yang sedang berkembang, salah satunya gaya rambut Neo Classic ini.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS