5 Manfaat Bersepeda Setiap Hari

Ferry Noviandi | Dinda Rachmawati
5 Manfaat Bersepeda Setiap Hari
Ilustrasi aktivitas bersepeda. (Shutterstock)

Bersepeda secara rutin bisa membuat tubuh sehat dan menghilangkan segala risiko penyakit berbahaya.

Suara.com - Bersepeda adalah salah satu kegiatan olahraga yang paling mudah dan menyenangkan yang bisa kita lakukan. Apalagi, olahraga satu ini juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko kesehatan yang terkait dengan gaya hidup.

Bukan cuma itu, bersepeda juga dapat dinikmati oleh orang dari segala usia. Nah, ingin tahu apa saja manfaat kesehatan dari bersepeda setiap hari? Berikut daftarnya yang dilansir dari Boldsky:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Saat Anda bersepeda, jantung berdetak lebih cepat daripada tingkat normal, yang membuat jantung lebih sehat. Hal ini karena darah akan memompa lebih cepat yang meningkatkan kondisi jantung Anda. 
 
2. Bersepeda mengurangi stres 
 
Jika Anda ingin mengurangi stres, cobalah bersepeda setiap hari. Bersepeda membantu memerangi stres, depresi dan kecemasan, dan jika dilakukan secara teratur, dapat mengobati berbagai kesehatan kondisi mental. Ini karena siklus bersepeda sangat menyenangkan yang membawa efek positif pada tubuh. 
 
3. Menurunkan berat badan 
 
Bersepeda adalah cara yang baik untuk menghilangkan lemak yang tidak diinginkan dari tubuh. Selain itu, bersepeda juga melatih otot paha dan bokong yang meningkatkan laju metabolisme, sehingga mengurangi lemak perut Anda. Satu jam bersepeda dapat membakar sejumlah besar kalori. 
 
4. Mengontrol diabetes
 
Diabetes meningkatkan risiko serangan jantung, stroke dan kadar gula darah. Bersepeda setiap hari akan membantu menurunkan risiko diabetes dan ini adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kadar gula darah di bawah kontrol. Bersepeda setiap hari selama lebih dari 30 menit akan menurunkan risiko diabetes hampir 40 persen. 
 
5. Menurunkan risiko kanker 
 
Bersepeda bisa membantu menurunkan risiko kanker payudara dan usus besar. Ya, mereka yang memiliki gaya hidup moderat hingga tinggi untuk kegiatan fisik, yang meliputi bersepeda dan berjalan, diketahui memiliki risiko lebih rendah penyakit kanker. 

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS