Rahasia Memasak Nasi Enak ala Restoran dan Hotel Bintang Lima

Vania Rossa
Rahasia Memasak Nasi Enak ala Restoran dan Hotel Bintang Lima
Ilustrasi memasak nasi. (Shutterstock)

Kini, memasak nasi di rumah pun bisa seenak nasi ala restoran.

Suara.com - Urusan memasak nasi, serahkan saja pada rice cooker. Yang perlu Anda lakukan hanya mencuci beras, memasukkan beras yang sudah bersih ke dalam rice cooker dan merendamnya dengan air, kemudian nyalakan. Tinggal tunggu nasi matang. Semudah itu.

Tapi tetap saja, kenapa ya nasi yang dimasak di rumah rasanya berbeda dengan nasi dari restoran mahal atau hotel berbintang? Jawabannya, karena Anda memasak semua jenis beras dengan cara yang sama. Padahal, setiap jenis beras memiliki tingkat penyerapan air yang berbeda-beda.

Anda penasaran dan ingin memasak nasi enak seperti di restoran mahal? Ini rahasianya seperti dilansir dari laman Tip Hero.

1. Mencuci
Untuk mencegah terbuangnya nutrisi pada beras, disarankan mencuci beras hanya sekali saja. Tapi jika Anda suka nasi dengan tekstur lengket, atau ingin membuat sushi, beras boleh dicuci berulang kali hingga air beras tak lagi keruh. Cara ini akan menghilangkan kelebihan pati pada beras dan membuat butiran nasi menjadi lebih lengket.

Ilustrasi memasak nasi. (Shutterstock)

2. Merendam
Beras cokelat yang Anda masak di rumah terasa keras dan sulit dicerna? Untuk beras cokelat, sebaiknya direndam dulu selama 30 menit sampai 1 jam sebelum dimasak. Merendam beras akan membuatnya lebih menyerap air, mempercepat waktu memasak, dan membuat nasi lebih mudah dicerna, serta mengurangi kadar asam arsenik dan asam fitat pada beras. Keduanya bersifat racun bagi tubuh.

Jenis beras yang sebaiknya direndam dulu sebelum dimasak: beras cokelat, Basmati, Jasmine, dan Texmati.

3. Rasio Air
Untuk beras putih (long grain, Basmati, Melati), masukkan 1 ½ sampai 1 ¾ gelas air untuk takaran 1 gelas takar beras. Sedangkan untuk beras cokelat, 2 cangkir air (air kaldu) untuk setiap 1 gelas takar beras.

Ilustrasi memasak nasi. (Shutterstock)

4. Cara Memasak
Untuk varietas beras putih, masak beras di dalam panci tertutup dengan api sedang atau kecil sampai semua air terserap. Waktu yang dibutuhkan biasanya 15 sampai 20 menit, atau hanya 10 menit jika Anda telah merendamnya dulu.

Untuk jenis beras cokelat, waktu yang dibutuhkan untuk memasaknya adalah 45 sampai 50 menit, atau 20 menit jika Anda telah merendam beras sebelumnya.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, jangan pernah membuka tutup panci atau rice cooker saat nasi belum matang. Membuka tutup bisa mengeluarkan uap dan menggagalkan Anda untuk mendapatkan nasi yang sempurna.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS