Lelaki Juga Sering Merasa Tak Puas dengan Tubuhnya

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Lelaki Juga Sering Merasa Tak Puas dengan Tubuhnya
Ilustrasi bagian tubuh lelaki. (Shutterstock)

Sama seperti perempuan, kaum lelaki juga resah soal bentuk tubuhnya.

Suara.com - Ternyata, bukan hanya perempuan yang berjuang dengan masalah citra tubuh, karena menurut penelitian terbaru yang dipublikasikan Jurnal Psychology of Men and Maskulinity, kaum lelaki pun melakukannya.

Ya, kita semua membandingkan diri kita dengan apa yang masyarakat katakan mengenai tipe fisik dan tubuh ideal.

"Ada citra yang jauh lebih ekstrem saat ini seperti penampilan lelaki yang sehat," kata salah seorang peneliti David Frederick.

Dalam studi tersebut, yang penelitian utamanya merupakan citra tubuh lelaki, para peneliti memeriksa laporan dari 111.958 lelaki heteroseksual dan 4.398 lelaki gay, serta 103.376 perempuan heteroseksual dan 2.145 perempuan lesbian untuk perbandingan.

Mereka melihat bagaimana masing-masing kelompok menanggapi lima survei terpisah yang dipublikasikan di MSNBC.com, NBCNews.com, dan Today.com antara tahun 2003 sampai 2012.

Ketika sampai pada kepuasan tubuh, seperti dilansir dari Mens Fitness, lelaki dan perempuan memiliki tingkat ketidakpuasan yang sama, yakni 21 persen lelaki heteroseksual dan 29 persen lelaki gay merasa tidak puas dengan tubuh mereka, serta 27 persen perempuan heteroseksual dan 30 persen perempuan lesbian yang merasa tidak puas dengan tubuhnya.

Ketika ditanya tentang berat badan, 39 persen lelaki heteroseksual dan 44 persen lelaki gay mengatakan mereka tidak bahagia. Berkenaan dengan otot, 30 persen lelaki heteroseksual dan 45 persen lelaki gay juga merasa tidak puas.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS