Berendam di Air Hangat Bakar Kalori Setara Jalan Kaki 30 Menit

Vania Rossa
Berendam di Air Hangat Bakar Kalori Setara Jalan Kaki 30 Menit
Ilustrasi lelaki berendam di air hangat. (Shutterstock)

Kabar baik untuk Anda yang malas berolahraga, nih.

Suara.com - Berendam di dalam bathtub verisi air hangat saaat tubuh penat dan pegal memang menyenangkan. Tak hanya membuat rileks, tapi juga efektif menyingkirkan pegal-pegal di seluruh tubuh.

Tapi, tahukah Anda bahwa berendam di air hangat ternyata juga bisa bantu membakar kalori? Bahkan, jumlah kalori yang dibakar juga tidak tanggung-tanggung, setara dengan berjalan kaki cepat selama 30 menit.

Penelitian berskala kecil yang dilakukan di Inggris membuktikan hal tersebut. Peneliti dari Loughborough University di Inggris telah melakukan penelitian pada 14 lelaki.

Para responden ini diminta melakukan olahraga bersepeda selama satu jam dan berendam dalam bak mandi yang berisi air dengan suhu 40 derajat celcius.

Peneliti menemukan, selain kalori yang terbakar karena bersepeda, para responden ini juga mengalami pembakaran kalori lain akibat berendam dalam air panas dengan suhu 40 derajat celcius, yang jumlahnya setara dengan 30 menit berjalan kaki.

Tim peneliti percaya bahwa kenaikan suhu inti akan menyebabkan kalori terbakar.

Nah, hasil temuan ini mungkin bisa jadi kabar baik dan bisa dimanfaatkan sebagai alternatif untuk menurunkan berat badan bagi orang-orang yang malas atau tak memiliki waktu untuk berolahraga.

Baca Juga
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS