Terlalu Sering Pakai Ponsel Dapat Memicu Jerawat

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Terlalu Sering Pakai Ponsel Dapat Memicu Jerawat
Ilustrasi perempuan menelepon. (Shutterstock)

Bagaimana mekanismenya sehingga ponsel dapat memicu munculnya jerawat?

Suara.com - Banyak penelitian menyebutkan bahwa ponsel dapat membawa bakteri 10 kali lebih banyak daripada toilet umum. Tak heran jika ponsel kerap menjadi tertuduh utama penyebab jerawat dan masalah kulit wajah lainnya.

Dr. Estee Williams, seorang dokter kulit sekaligus ahli bedah kosmetik bersertifikat yang berbasis di New York, mengatakan kepada HuffPost bahwa bukan hanya bakteri yang menyebabkan jerawat, tapi semua kotoran lain yang menempel di ponsel.

Dr. Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi dari Mount Sinai Hospital di New York, mengatakan bahwa jerawat pada dasarnya dipicu oleh genetik, tetapi ia setuju bahwa sesuatu seperti ponsel yang kotor, yang terus-menerus bersentuhan dengan kulit, bisa meningkatkan risiko.

"Ketika ponsel bersentuhan ke wajah, minyak, kotoran, dan riasan dapat terakumulasi di permukaan ponsel. Ketika Anda memegang telepon di lain waktu, kotoran dapat ditransfer kembali ke wajah Anda, dan berkontribusi pada peradangan dan penyumbatan pori-pori," katanya.

"Jika pori-pori tersumbat, minyak alami di kulit pun tidak dapat mengalir bebas dari dalam," tambahnya.

Baik Williams dan Zeichner mencatat, ketika mereka melihat pasien dengan jerawat atau kelompok jerawat di satu sisi wajah, salah satu hal paling umum yang mereka tanyakan adalah kebiasaan pasien tersebut memakai ponsel.

Untuk mencegah masalah ini, dokter merekomendasikan membersihkan telepon secara teratur dengan alkohol. Atau, ada juga perangkat seperti PhoneSoap, yang menggunakan sinar UV, yang bisa digunakan untuk membersihkan ponsel.

Bagi mereka yang sudah rentan jerawat, Zeichner menekankan pentingnya membersihkan kulit dengan produk wajah yang tepat, dan mungkin memilih perangkat earpiece bluetooth daripada meletakkan ponsel ke telinga Anda.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS