Ereksi pada Lelaki Berubah Seiring Pertambahan Usia

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Ereksi pada Lelaki Berubah Seiring Pertambahan Usia

Seiring dengan pertambahan usia, kemampuan ereksi lelaki juga turut berubah.

Suara.com - Ereksi pada lelaki tak hanya menunjukkan bahwa dirinya terangsang secara seksual, tapi juga menjadi penanda bahwa tubuh lelaki tersebut aktif dan sehat.

Tapi tahukah Anda, seiring dengan semakin bertambahnya usia, kemampuan ereksi lelaki juga turut berubah. Jika Anda mulai tidak mengalami ereksi secara teratur, berarti sudah saatnya bagi Anda untuk memeriksakan hal ini.

Ini dia beberapa perubahan ereksi seiring bertambahnya usia, seperti yang dilansir dari Times of India.

20-30 tahun
Ini adalah usia paling aktif secara seksual dalam hidup lelaki. Anda bahkan tidak perlu sentuhan perempuan untuk terangsang! Ereksi tidak sulit untuk dicapai dan bahkan sering kali tidak disadari. Adalah normal bagi lelaki di usia ini bangun tidur di pagi hari dengan kondisi penis ereksi. Ini semua karena aktivitas hormon dan tingkat metabolisme yang tinggi.

30-40 tahun
Mencapai ereksi kembali setelah Anda mengalami sekali ejakulasi akan mulai terasa sulit di usia ini. Meskipun libido Anda kurang lebih tetap sama dengan lelaki di usia 20-an Anda, bagaimanapun, spontanitas bisa berbeda. Lelaki di usia ini masih bisa mencapai ereksi, tetapi hal ini tergantung pada sentuhan atau stimulasi. Di usia ini, Anda juga mulai berhenti terlalu terobsesi dengan dorongan seksual. Disfungsi ereksi (DE) biasanya bermula di rentang usia ini.

40-50 tahun
Bisa dibilang ini ujian yang berat dalam kehidupan seksual seorang lelaki. Dilaporkan, di usia ini lelaki mungkin mengalami andropause, semacam menopause pada perempuan. Dorongan seksual Anda mungkin mulai memburuk. Tapi bukan berarti Anda tak bisa lagi ereksi, hanya saja diperlukan rangsangan yang cukup intens untuk mendapatkan ereksi. Di tengah-tengah seks, bahkan ketika seks belum berakhir, ereksi bisa saja menghilang. Dan ada kemungkinan Anda akan mulai jarang mendapatkan orgasme.

50-60 tahun
Ereksi di pagi dan malam hari menjadi sesuatu hal yang langka di fase ini. Seks bukan lagi suatu kebutuhan, tetapi lebih merupakan kegiatan rekreasi, karena dibutuhkan usaha yang ekstra keras untuk mendapatkan ereksi. Sesekali ketika Anda berhasil ereksi, jangan sedih kalau ejakulasi Anda mengecewakan akibat berkurangnya kuantitas dan kualitas sperma.

60-70 tahun
Mencapai ereksi sangatlah sulit di usia ini. Kalau pun ada, bisa jadi tak ada ejakulasi sesudahnya. Penyebabnya adalah kadar testosteron yang telah jauh berkurang jumlahnya.

70 tahun ke atas
Hasrat seksual sangat berkurang dan tidak lagi seperti yang Anda rasakan saat masih muda. Ereksi di usia 70 tahun ke atas adalah hal yang sulit. Penetrasi juga sangat sulit dilakukan.

Nah, berdasarkan fakta di atas, apa yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan penis? Tidak ada alternatif lain selain konsisten menjalani gaya hidup aktif. Perkuat otot-otot penis jika Anda ingin mempertahankan dorongan seksual yang sehat. Otot panggul bertanggung jawab untuk ereksi yang prima, salah satunya dengan rutin melakukan latihan kegel.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS