Semangka, Kaya Antioksidan Hingga Mencegah Penyakit Jantung

Vania Rossa, Risna Halidi

Senin, 11 Juni 2018 | 17:00 WIB
Semangka, Kaya Antioksidan Hingga Mencegah Penyakit Jantung

Suara.com - Semangka yang menyegarkan berkat kandungan airnya yang banyak merupakan salah satu buah yang disukai hampir semua orang, mulai dari bayi sampai orang dewasa. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, buah semangka dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari Live Science, buah semangka memiliki kandungan vitamin A, B6, dan C dalam jumlah yang cukup tinggi, serta kandungan likopen sebagai antioksidan. Buah yang sangat segar dimakan saat hari terik ini juga bebas lemak, rendah sodium, dan hanya memiliki 40 kalori per cangkir.

"Makanan yang tinggi antioksidan dan asam amino memungkinkan tubuh berfungsi secara optimal," kata Angela Lemond, seorang ahli gizi dan juru diet yang terdaftar di Plano, Texas Academy of Nutrition and Dietetics.

Ia juga menambahkan bahwa antioksidan yang terdapat dalam buah semangka mampu membantu mencegah kanker. "Asam amino yang ada merupakan dasar untuk protein, dan protein digunakan di hampir setiap fungsi vital dalam tubuh," katanya.

Seorang ahli gizi dari Institut Kebugaran Texas di The University of Texas, Victoria Jarzabkowski, mengatakan bahwa likopen pada semangka dikenal memiliki khasiat antioksidan yang kuat. Antioksidan sendiri sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan pencegahan kanker prostat.

Tingkat likopen yang tinggi pada semangka juga sangat efektif untuk melindungi sel dari kerusakan dan membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension menemukan bahwa ekstrak semangka mampu membantu mengurangi kejadian hipertensi dan menurunkan tekanan darah pada orang dewasa dengan obesitas.

Semangka juga dianggap sangat penting bagi perempuan yang lebih tua. Katanya, perempuan pascamenopause yang kerap mengalami peningkatan kekakuan aorta, dapat mengatasinya dengan mengonsumsi ekstrak semangka selama enam minggu berturut-turut. Hasilnya, mereka akan mengalami penurunan tekanan darah dan kekakuan arteri dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi ekstrak semangka.

Para peneliti juga mengaitkan manfaat semangka dengan citrulline dan arginine. Dimana arginine dapat membantu meningkatkan aliran darah dan dapat mengurangi penumpukan lemak berlebih.

baca juga

Untuk memaksimalkan asupan likopen, biarkan semangka dikonsumsi saat matang sepenuhnya. Semakin merah semangka, maka semakin tinggi konsentrasi likopen.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Turunkan Berat Badan dan Detoksifikasi dengan Jus Kiwi Semangka

Turunkan Berat Badan dan Detoksifikasi dengan Jus Kiwi Semangka

Health | Senin, 28 Mei 2018 | 19:30 WIB

Semangka, Buah Terbaik Menjelang Musim Kemarau

Semangka, Buah Terbaik Menjelang Musim Kemarau

Lifestyle | Senin, 07 Mei 2018 | 07:07 WIB

Ingin Turunkan Berat Badan dengan Cepat? Coba Diet Semangka!

Ingin Turunkan Berat Badan dengan Cepat? Coba Diet Semangka!

Lifestyle | Selasa, 03 April 2018 | 15:00 WIB

Terkini

5 Rice Cooker Murah untuk Keluarga Kecil, Hemat Listrik dan Awet

5 Rice Cooker Murah untuk Keluarga Kecil, Hemat Listrik dan Awet

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 12:05 WIB

Sampaikan Duka Mendalam, Wapres Gibran Pastikan Penanganan Darurat Gempa NTT Dipercepat

Sampaikan Duka Mendalam, Wapres Gibran Pastikan Penanganan Darurat Gempa NTT Dipercepat

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 11:59 WIB

Ilusi Kenaikan Gaji: Kenapa Hidup Justru Terasa Makin Pas-pasan?

Ilusi Kenaikan Gaji: Kenapa Hidup Justru Terasa Makin Pas-pasan?

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 11:51 WIB

Keberhasilan Transformasi Desa Kemiren bersama Kang Edai dan Astra

Keberhasilan Transformasi Desa Kemiren bersama Kang Edai dan Astra

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 11:50 WIB

Kondisi Darurat! Supermarket Diminta Bagikan Makan ke Korban Gempa NTT, Pemerintah Siap Ganti

Kondisi Darurat! Supermarket Diminta Bagikan Makan ke Korban Gempa NTT, Pemerintah Siap Ganti

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 11:37 WIB

Buka Pintu untuk Mees Hilgers, Eks Pelatih Manchester United: Tunjukkan Pesonamu

Buka Pintu untuk Mees Hilgers, Eks Pelatih Manchester United: Tunjukkan Pesonamu

Bola | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 11:32 WIB

Kebiasaan Ngemil Keluarga Indonesia Berubah, Kini Buah Hadir dalam Bentuk Camilan Praktis

Kebiasaan Ngemil Keluarga Indonesia Berubah, Kini Buah Hadir dalam Bentuk Camilan Praktis

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 11:32 WIB

Sinopsis Coyote vs. Acme, Debut dengan Skor Tinggi dan Tuai Pujian Kritikus

Sinopsis Coyote vs. Acme, Debut dengan Skor Tinggi dan Tuai Pujian Kritikus

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 11:30 WIB

Target PLTS 100 GW Prabowo, IESR Ingatkan Kesiapan Eksekusi di Lapangan

Target PLTS 100 GW Prabowo, IESR Ingatkan Kesiapan Eksekusi di Lapangan

Bisnis | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 11:30 WIB

Kondisi Air Laut Aman, BMKG Ingatkan Warga NTT Hindari Bangunan Retak Usai Gempa

Kondisi Air Laut Aman, BMKG Ingatkan Warga NTT Hindari Bangunan Retak Usai Gempa

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 11:24 WIB

×