Lelah Mudik saat Puasa, 5 Makanan Ini Bikin Tubuh Berenergi Lagi

Ririn Indriani | Vessy Dwirika Frizona
Lelah Mudik saat Puasa, 5 Makanan Ini Bikin Tubuh Berenergi Lagi
Beragam takjil, makanan manis, kolak. (Shutterstock)

Berbuka puasa biasanya orang menyantap makanan manis, karena bisa mengembalikan energi tubuh dengan cepat.

Suara.com -
Mudik saat puasa membuat tubuh jadi cepat lelah, sebab selama di jalan energi terkuras lebih banyak, untuk itu perlu makanan berbuka puasa yang dapat mengembalikan energi.

Nah, berbicara soal makanan untuk buka puasa, seringkali yang disarankan adalah makanan manis seperti buah-buahan atau aneka kudapan ringan. Hidangan manis yang dikonsumsi saat berbuka puasa menjadi penting, karena dapat membantu menggantikan kekurangan kadar gula dalam darah selama menjalankan ibadah puasa.

Dr. Kaseem Halmar dari University of Warwick menjelaskan tubuh membutuhkan sumber energi yang dihasilkan dari asupan karbohidrat yang dikonversi menjadi gula oleh insulin. Namun juga perlu diketahui adanya batasan dalam mengonsumsi makanan dan minuman manis, yaitu 5 persen dari total jumlah asupan kalori.

Berikut beberapa hidangan manis yang lezat dan dapat mengembalikan energi untuk dikonsumsi saat berbuka puasa dari rilis Joy Day.

1. Kolak
Hidangan manis yang satu ini paling sering dihidangkan dengan pisang di dalamnya. Tetapi tidak jarang ada yang menambahkan variasi buah ke dalamnya seperti pisang, kolang kaling, ubi, kelapa muda bahkan biji salak.

Kolak dari Indonesia. (Instagram)
Kolak dari Indonesia. (Instagram)

2. Cendol
Cendol merupakan minuman khas Sunda yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Disukai karena rasanya yang manis dan gurih, cendol seringkali menjadi pilihan untuk berbuka puasa.

Anda dapat mencicipi Cindua Langkok, cendol khas Minang di Minangkabau's Week yang digelar di Anjungan Sumatera Barat TMII hingga 1 Januari 2018. (Suara.com/Dinda Rachmawati)
Cindua Langkok, cendol khas Minang. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

3. Bubur Candil
Bubur candil terbuat dari tepung ketan yang direbus dengan gula merah dan disajikan dengan kuah santan.

Kolak biji salak atau candil. (Shutterstock)
Ilustrasi candil. (Shutterstock)

4. Bubur Kacang Hijau
Bubur Kacang Hijau seringkali dijadikan hidangan pembuka puasa karena kadar asam amino yang tinggi, dapat menjadi alternatif sumber protein. Selain itu, rasanya yang manis dan khas juga menjadi nilai tambah.

Bubur kacang hijau. (Shutterstock)
Bubur kacang hijau. (Shutterstock)

5. Es Krim
Es krim dapat menjadi pilihan hidangan untuk berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, efek dingin yang menyegarkan akan menggugah selera kita.

Ilustrasi es krim dengan aneka rasa. (Shutterstock)
Ilustrasi es krim dengan aneka rasa. (Shutterstock)

Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD, seorang nutritional scientist, menjelaskan bahwa tidak ada dampak negatif mengonsumsi es krim untuk berbuka puasa. Dari kandungan gizi, es krim mengandung gula, krim lemak dan protein susu, yang seperti makanan lainnya dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi selama puasa.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS