Melongok Tradisi Unik Lebaran di 7 Negara, Indonesia Ada Lho!

Ririn Indriani | Vessy Dwirika Frizona
Melongok Tradisi Unik Lebaran di 7 Negara, Indonesia Ada Lho!
Ilustrasi tradisi Ramadan dan Lebaran di India. (Shutterstock)

Tak cuma tradisi menghidangkan makanan khas Lebaran, tujuh negara ini juga punya tradisi unik lainnya saat Lebaran, intip yuk!

Suara.com - Setelah puasa selama Ramadan, tibalah waktunya umat muslim di seluruh dunia merayakan Lebaran, menariknya, setiap negara memiliki keunikan tradisi Lebaran .

Lantas, negara mana saja yang memiliki tradisi Lebaran yang unik? Simak ulasan yang dirangkum Suara.com dari berbagai sumber.

1. Arab Saudi
Di Arab Saudi dan beberapa negara Timur Tengah lainnya memiliki tradisi lebaran menggelar kesenian. Mulai dari seni teater, puisi, dan musik pukul.

BACA JUGAIni 5 Masalah Kesehatan saat Lebaran Menurut Menkes

Mereka bersenang-senang marayakan hari kemenangan. Orang Arab juga mendekorasi rumah untuk merayakan Idul Fitri. Makanan tradisional khas Timur Tengah juga tersaji saat Lebaran, seperi nasi briyani dan daging kambing.

Hidangan Lebaran khas Timur Tengah. (Shutterstock)
Hidangan Lebaran khas Timur Tengah. (Shutterstock)

2. Turki
Tradisi lebaran di Turki sangat kental dengan berbagi makanan manis. Itulah mengapa Hari Raya Idul Fitri dinamakan dengan Festival Gula atau Seker Bayram.

Saat Lebaran orang-orang Turki saling berbagi makanan manis. Hampir sama seperti di Indonesia, anak-anak dan orangtua di sana saling bersalaman kemudian berbagi uang koin, manisan, dan permen.

Festival Gula atau Seker Bayram merupakan tradisi khas masyarakat Turki. (Shutterstock)
Festival Gula atau Seker Bayram merupakan tradisi khas masyarakat Turki. (Shutterstock)

3. Indonesia
Lebaran di Indonesia identik dengan mudik alias pulang ke kampung halaman. Selain itu, setelah salat ied, sebagian orang di Indonesia melakukan sungkeman, dari yang muda kepada yang tua.

BACA JUGAMelongok Tradisi Unik Lebaran di 7 Negara, Indonesia Ada Lho! - 3Asyiknya, Pembaruan Google Translate Merujuk Kebutuhan Indonesia

Sementara sebagian lainnya ada yang bersalam-salaman saja. Kemudian lebaran dilanjut dengan menyantap hidangan khas seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan kue khas lebaran.

Lebaran juga diramaikan dengan kumpul bersama keluarga dan saling mengunjungi rumah saudara dan kerabat, lalu ditutup dengan bagi-bagi THR.

Hidangan khas Lebaran masyarakat Indonesia. (Shutterstock)
Hidangan khas Lebaran masyarakat Indonesia. (Shutterstock)

Lantas, negara mana lagi yang memiliki tradisi unik saat Lebaran yang tak kalah menarik untuk Anda ketahui? Klik halaman selanjutnya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS