Ini 7 Tips Tekan Pengeluaran Saat Liburan

Fabiola Febrinastri | Risna Halidi
Ini 7 Tips Tekan Pengeluaran Saat Liburan
Ilustrasi uang. [suara.com/Kurniawan Mas'ud]

Banyak aktivitas gratis di area yang Anda kunjungi.

Suara.com - Bepergian saat liburan panjang kerap membuat orang lupa dengan pengeluaran. Padahal setelah liburan berakhir, masih ada hidup yang harus dijalani.

Nah, jangan khawatir, berikut hal-hal yang dirangkum Suara.com seputar tips saat liburan agar dompet tidak jebol bahkan bisa berhemat.

1. Cari kegiatan gratis

Jika Anda melakukan sedikit riset, Anda akan melihat banyaknya aktivitas gratis di area yang Anda kunjungi. Cek kalender komunitas untuk melihat apa yang sedang terjadi di kota saat Anda berada di sana. Lakukan tur sendiri untuk membiasakan diri dengan tujuan Anda.

2. Pesan kamar dengan kulkas atau microwave atau area dapur

Meskipun beberapa orang mungkin tidak suka memasak saat berlibur, tidak ada salahnya untuk membuat sarapan sendiri. Kamar dengan microwave dan kulkas juga akan berguna untuk memanaskan sisa makanan.

3. Belanja di pasar dan toko lokal

Pasar lokal sering menurunkan harga makanan mereka menjelang malam. Selain itu, berbelanja di toko-toko lokal memungkinkan Anda untuk mencicipi masakan lokal tanpa harus membayar harga restoran.

4. Sebelum memesan, perhatikan lokasi tempat menginap

Memastikan lokasi menginap akan memudahkan transportasi sekaligus menghemat biaya. Pilihlah tempat menginap yang mudah diakses oleh kendaraan umum atau dekat dengan halte bus.

5. Bawa makanan ringan atau air selama perjalanan

Bagi yang membawa anak, tidak ada salahnya membawa makanan saat berlibur. Beberapa anak sering membutuhkan makanan saat tengah berpergian agar tidak rewel. Membawa makanan ringan tentunya bisa menghemat pengeluaran yang tak terduga.

6. Gunakan poin untuk menginap

Beberapa hotel dan maskapai memiliki sistem poin yang bisa ditukarkan secara gratis. Ketika bepergian, cobalah untuk menginap di jaringan hotel-hotel yang memberikan poin dan terbang dengan maskapai yang sama untuk mengumpulkan poin. Hal ini tentunya bisa jadi keuntungan sendiri di lain hari.

7. Carilah kartu pariwisata

Tergantung pada jenis kartu, Anda dapat memperoleh tiket masuk gratis ke tempat-tempat wisata terpopuler, diskon di restoran dan toko-toko, pilihan-pilihan di tempat wisata yang ramai, transportasi umum gratis, dan bahkan buku panduan gratis.

 

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS