Cerita Bams eks Samsons yang Pernah Miliki Bobot 110 Kg

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Cerita Bams eks Samsons yang Pernah Miliki Bobot 110 Kg
Bams eks Samsons. (Suara.com/Firsta Nodia)

Kini Bams eks Samsons bergaya hidup sehat bahkan bisnisnya pun resto yang menyuguhkan menu sehat.

Suara.com - Bambang Reguna Bukit yang akrab disapa Bams eks Samsons ternyata pernah memiliki bobot tubuh 110 kilogram saat duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA). Tak percaya diri dengan tampilan tubuhnya, ia pun menjajal berbagai macam diet.

Mantan pentolan Band Samsons ini pun menyadari bahwa dari semua jenis diet yang dilakukannya hanya dua jenis diet yang efektif baginya untuk menurunkan berat badan. Kini Bams eks Samsons hanya menjalani pola diet hitung kalori dan diet golongan darah.

"Jadi, gue sekarang kalau makan ngitungin kalori dulu. Misal mau makan martabak manis sepotongnya bisa 300 kalori, kalau nasi goreng biasa 600 kalori. Jadi gue hitung jangan sampai melebihi batas kalori gue," ujar Bams eks Samsons ketika ditemui saat pembukaan gerai Fit Lokal ke-2 miliknya di Jalan Sinabung, Jakarta.

Selain itu, ia juga menjalani diet golongan darah. Menurut lelaki yang juga sebagai salah satu pendiri tempat gym 20 Fit, setiap golongan darah memiliki pola makan masing-masing yang disesuaikan dengan genetiknya.

"Pas pertama kali gue memutuskan diet emang ke nutritionist dulu. Jadi, gue konsultasi target gue segini apa yang harus gue atur dari makan sampai olahraga. Tapi selebihnya gue baca-baca aja sendiri," tambah dia.

Dari pengalamannya menjalani berbagai diet untuk mendapat bobot tubuh ideal ini, Bams eks Samsons mengatakan bahwa menjaga pola makan merupakan poin utama yang harus dilakukan pelaku diet. Barulah ketika pola makan berhasil diatur, seseorang bisa mengombinasikannya dengan upaya lain seperti menjaga pola tidur, olahraga teratur dan mengendalikan stres.

"Yang pertama harus dibenerin itu pola makan, karena pengaruhnya sampai 70 persen. Kalau ngelakuin olahraga teratur, istirahat teratur dan berusaha agar nggak stres, tapi makan nggak dijaga ya nggak pengaruh. Buntutnya kita akan kecapaian olahraga, tapi nggak dapat hasilnya," tambah penyanyi yang populer dengan hits Kenangan Terindah ini.

Bams eks Samsons kini menekuni bisnis kuliner lewat. (Suara.com/Firsta Nodia)
Bams eks Samsons kini menekuni bisnis kuliner lewat. (Suara.com/Firsta Nodia)

Sebelum menemukan formula diet yang tepat, Bams eks Samsons mengakui menjalani diet ketat yang membebani diri. Ia diharuskan mengonsumsi makanan sehat namun hambar secara cita rasa.

Bams eks Samsons pun berpikir tidak mungkin kuat menjalani pola makan seperti ini hingga tua nanti.

"Gue sudah menjalani semua pola hidup sehat dari yang bener sampai yang nggak bener. Dulu gue pernah punya badan yang oke tapi makan nggak berbumbu. Gue ngerasa nggak bisa hidup begini mulu. Jadi gue cari cara untuk sehat tapi bisa nikmatin hidup," tambah lelaki kelahiran 35 tahun silam ini.

Kini Bams eks Samsons pun terkenal sebagai selebriti yang getol menjalani hidup sehat. Bersama Andien, suami Mikhavita Wijaya ini mendirikan bisnis micro gym bernama 20 Fit pada 2014. Saat ini 20 Fit telah memiliki sekitar 20 cabang di seluruh Indonesia.

Bisnis di bidang gaya hidup sehat Bams eks Samsons tidak hanya sampai di situ. Maret lalu ia dan ketiga rekannya yakni Dipha Barus (Marketing), Jocelyn Halim (Ahli Nutrisi) dan Nova Eugenia (Chef) mendirikan Fit Lokal, sebuah restoran yang mengusung menu sehat di bilangan Cipete, Jakarta Selatan. Selasa (17/7/2018) ini Bams kembali membuka gerai Fit Lokal kedua di kawasan Sinabung, Senayan.

"Keunggulan dari restoran Fit Lokal, tidak hanya menjaga dari sisi asupan nutrisi semata, namun citra rasa yang disajikannya juga tidak mengurangi rasa lidah Asia kita yang umumnya terbiasa dengan jenis bumbu aneka rempah-rempah yang ada di Indonesia," tambah Bams eks Samsons.

Sajian dari Fit Lokal inilah yang kini menjadi menu diet Bams sehari-hari. Ia sengaja mendirikan gerai restoran sehat tapi tetap nikmat di lidah.

Bams eks Samsons pun mengaku telah mengalami penurunan berat badan sebanyak 12 kilogram setelah menjadikan menu Fit Lokal sebagai menu makanan utama di setiap hari selama 1.5 bulan.

"Kalau boleh jujur gue selama ini makan Fit Lokal doang sih, karena kalorinya udah terukur jadi blessing banget buat diet gue. Seporsi Fit Me Nasi Goreng misalnya cuman 130 kalori. Gue makan dua porsi aja cuma 260 kalori yang masuk ke tubuh gue. Jadi aman banget buat diet," tambahnya.

Di akhir percakapan, Bams eks Samsons pun berharap agar bisnis yang dijalaninya bisa menginspirasi banyak orang untuk mulai hidup sehat dengan cara yang mudah dan tidak menyiksa diri.

"Bisnis gue ini bukan nargetin orang yang sudah hidup sehat. Justru kita nargetin orang yang baru mulai hidup sehat. Kita kasih pilihan yang sehat, tapi nggak sulit dan nggak menyiksa. Kayak 20 Fit itu gue tawarin gym cuma 20 menit udah bakar ratusan kalori, nah yang Fit Lokal orang bisa makan nasi goreng, mie goreng, kwetiau goreng tapi kalorinya cuman 120-260 kalori dan rasanya tetap enak," terang Bams eks Samsons merinci.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS