Lomba Perahu Bidar Meriahkan HUT RI ke-73 di Sumatera Selatan

Ade Indra Kusuma
Lomba Perahu Bidar Meriahkan HUT RI ke-73 di Sumatera Selatan
Lomba Perahu Bidar [Andhiko/Suara.com]

Kendati dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB, teriknya panas matahari tidak menyurutkan antusias masyarakat Palembang untuk menyaksikan event tradisional khas Sumatera Selatan tersebut.

Suara.com - Selain seremoni, Peringatan HUT RI ke-73 di Sumatera Selatan juga deimeriahkan kegiatan tahunan yang selalu ditunggu-tunggu warga, yakni lomba perahu bidar.

Kendati dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB, teriknya panas matahari tidak menyurutkan antusias masyarakat Palembang untuk menyaksikan event tradisional khas Sumatera Selatan tersebut. 

Suasana kian meriah saat 60 orang pedayung dalam satu perahu mulai beradu ketangkasan bersaing dengan perahu bidar lainnya untuk menunjukkan siapa yang tercepat menuju garis finish. 

Tidak hanya peserta bidar, ribuan masyarakat yang memiliki kapal dan speedboat juga terlihat memberikan semangat kepada tim mereka masing-masing. Alhasil, lalu lintas di Sungai Musi pada hari ini mendadak padat lantaran banyaknya perahu berbagai macam jenis lalu lalang. 

Apitrijatnika, (30) warga Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel mengaku sengaja turun ke sungai menggunakan boatnya untuk memberikan semangat kepada rekan rekannya yang bertanding. Menurutnya, event bidar ini selalu ditunggu setiap tahun dan menjadi kebanggaan masyarakat Sumsel.

"Tidak tahu persis sejak kapan mulainya. Tapi ini tradisi warga Sumatera Selatan sejak orang tua dulu. Makanya terus dilestarikan," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani menegaskan, even bidar ini sudah masuk dalam salah satu destinasi wisata dan agenda tahunan di Palembang. Kemeriahan pesta air rakyat Pini, diakuinya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik domestik maupun luar negeri.

"Apalagi saat ini kita menjadi tuan Rumah Asian Games. Momen inilah yang kita manfaatkan untuk mengenalkan potensi pariwisata Bumi Sriwijaya," katanya. 

Event Bidar tahun 2018 ini, diikuti tujuh peserta baik dari perwakilan kabupaten maupun instansi yang ada di Sumsel. Antara lain, PT Pertamina, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Anugerah Sakti dan PT Pusri. Setelah melalui babak penyisihan, puluhan pedayung bidar asal Ogan Ilir yang keluar sebagai jawara bidar 2018. [Andhiko Tungga Alam]

Kontributor : Andhiko Tungga Alam
Baca Juga

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS