Arti Hudoq, Kostum Nasional Indonesia di Ajang Miss Supranational

Ferry Noviandi | Risna Halidi
Arti Hudoq, Kostum Nasional Indonesia di Ajang Miss Supranational
Wilda Octaviana Situngkir mengenakan kostum yang akan ia pakai di ajang Miss Supranational 2018. (Risna Halidi/Suara.com)

Hudoq yang dikenakan Wilda di ajang Miss Supranational 2018 terbuat laiknya rok tutu berwarna hijau.

Suara.com - Dalam setiap kontes kecantikan, lomba national costume atau kostum nasional menjadi salah satu hal yang paling ditunggu.

Dan pada gelaran Miss Supranational 2018 di Polandia nanti, perwakilan Indonesia, Wilda Octaviana Situngkir akan muncul menggunakan kostum nasional khas Suku Dayak Kalimantan bertema The Sacred Hudoq karya Dynand Fariz.

Hudoq memiliki arti menjelma. Seseorang yang mengenakan pakaian hudoq biasanya akan melakukan tarian topeng yang dipercaya mampu menjelma mengusir hama penyakit serta mara bencana.

The Sacred Hudoq, kostum nasional yang akan dipakai Wilda Octaviana Situngkir di ajang Miss Supranational 2018. (Risna/Suara.com)
The Sacred Hudoq, kostum nasional yang akan dipakai Wilda Octaviana Situngkir di ajang Miss Supranational 2018. (Risna/Suara.com)

Nantinya, Wilda akan mengenakan hudoq lengkap dengan topeng serta bulu-bulu yang merepresentasikan burung Enggang yang dipercaya sebagai simbol kebijaksanaan serta Dewa Pelindung dalam kepercayaan Dayak kuno.

Sementara bentuk mata yang besar, paruh dan mulut yang terbuka lebar, serta tatanan gigi yang mencolok merupakan perwujudan kekuatan dan kehormatan.

Ada sedikit modifikasi pada bagian rok, bila biasanya dibuat dari daun pisang, hudoq yang dikenakan Wilda di panggung internasional terbuat laiknya rok tutu berwarna hijau.

Hijau sendiri merupakan simbol pengharapan kesuburan serta kesejahteraan. 

Sarat akan unsur mistis, akankah Wilda membawa gelar kostum terbaik tahun ini? Semoga saja ya!

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS