Arborea, Kafe Instagramable di Tengah Hutan Kota Jakarta

Ade Indra Kusuma | Firsta Nodia
Arborea, Kafe Instagramable di Tengah Hutan Kota Jakarta
Kongkow seru di Arborea Cafe [Suara.com/Firsta]

Kafe ini dibuat bertepatan dengan momen Asian Games 2018 untuk turut menyemarakkan pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

Suara.com - Kafe di tengah hutan Jakarta? Tampak mustahil bukan? Namun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mewujudkannya dengan menghadirkan Arborea Cafe yang berlokasi di kawasan hutan kota Arboretum, Manggala Wanabakti.

Agak menjorok ke bagian dalam lingkungan kementerian, Anda akan menemukan sebuah hidden gems yang mungkin membuat siapapun tak akan percaya sedang di berada di pusat Ibukota. Ya, kafe ini baru saja diresmikan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar pada Agustus lalu.

Kafe ini dibuat bertepatan dengan momen Asian Games 2018 untuk turut menyemarakkan pesta olahraga terbesar di Asia tersebut. Dalam periode pertama, Arborea Cafe dikelola oleh Hotel Ciputra. Semua menu makanan dan minuman yang ada di kafe ini memiliki citarasa dan kualitas layaknya yang disajikan Hotel Ciputra lho.

"Dari Agustus lalu, Bakery Hotel Ciputra yang kelola sampai 18 November nanti. Selanjutnya akan ada pengelola baru," ujar Agung, staf Kafe yang ditemui Suara.com beberapa waktu lalu.

Menu yang disediakan kafe ini pun hanya seputar minuman mulai dari kopi, cokelat, teh dan jus. Sementara untuk makanannya hanya meliputi bakery dan pastry. Kala itu, saya memesan hot chocolate dan honey dew juice. Sebagai pelengkap saya juga memesan roti isi cokelat keju dan pastry isi kari ayam untuk kudapannya.

Untuk hot chocolate yang disajikan sekelas hotel, rasanya tidak terlalu spesial. Bahkan cokelatnya cenderung kurang pekat. Sementara untuk Honey Dew Juice cukup memuaskan karena menyegarkan dan tanpa gula. Menu ini bisa jadi pilihan bagi Anda yang sedang menjalani hidup sehat.

Menu seru di Arborea Cafe [Suara.com/Firsta]
Menu seru di Arborea Cafe [Suara.com/Firsta]

Sedangkan untuk roti dan pastry yang disajikan teksturnya cukup empuk dengan topping yang lumayan banyak. Sayangnya kedua kudapan ini tidak disajikan dalam kondisi hangat sehingga terkesan seperti roti biasa.

Hal yang menjadi nilai lebih pada kafe ini tentu saja pemandangannya. Desain bangunan Arborea Cafe yang unik di tengah alam terbuka membuat pengunjung terutama muda-mudi tak lupa untuk menjadikannya sebagai latar foto. Bahkan ketika menaiki anak tangga dari lantai pertama hingga teratas, saya harus menunggu beberapa lama karena ada pengunjung yang sedang berfoto.

Ada juga yang menjadikan kafe ini sebagai tempat mencari inspirasi dengan menyelesaikan pekerjaannya.
Rimbunnya pepohonan di Taman Arboretum membuat siapa pun betah berlama-lama menyesapi keheningan di Arborea Cafe.

Nah yang menarik, pengunjung juga bisa mengenal berbagai jenis pepohonan yang ada di sekitar kafe ini. Pasalnya setiap pepohonan diberi papan nama sebagai tanda pengenal yang memuat nama pohon dan juga asalnya.

Di tengah pemandangan dan desain kafe yang Instagramable, ada banyak sampah berserakan di dalam dan luar kafe. Untuk menu minuman seharga Rp 20 ribu untuk Hot Chocolate dan Rp 22 ribu untuk Honey Dew Juice, disajikan dalam bentuk kemasan plastik ukuran kecil. Tentu saja hal ini berpengaruh pada jumlah sampah plastik yang dihasilkan kafe ini.

Benar saja, begitu mencari spot untuk duduk, tampak beberapa sampah kemasan minuman berserakan di meja yang sudah terpakai. Tampaknya kesadaran para pengunjung untuk membereskan wadah minuman dan makanan yang dibelinya masih sangat kurang.

Mungkin hal ini bisa menjadi masukan bagi pengelola atau pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk tidak menggunakan kemasan plastik dan lebih banyak menyediakan tempat sampah di dalam dan luar kafe.

Nah jika Anda ingin mencari keheningan di tengah kota Jakarta, tak ada salahnya untuk datang ke Arborea Cafe. Kafe ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-22.00. Selamat mencoba!

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS