Tinggal Serumah dengan Mertua, Dilema dan Tips Menjalaninya

Arsito Hidayatullah
Tinggal Serumah dengan Mertua, Dilema dan Tips Menjalaninya
Ilustrasi pasangan muda bersama mertua. (Shutterstock)

Tinggal serumah dengan mertua memiliki dilema tertentu, tapi juga ada sisi positifnya.

Suara.com - Seindah-indah tinggal rumah mertua, tetap lebih enak tinggal sendiri meski masih di rumah kontrakan. Mungkin sekelumit ungkapan ini tidak asing lagi di telinga.

Bagi Anda pasangan yang bersiap akan menikah, mungkin masih penasaran dengan pembuktian ungkapan tersebut. Bisa jadi, Anda justru malah merasa tertantang ingin mencobanya.

Tapi, sebelum memutuskan tinggal serumah dengan mertua kelak, ada baiknya memperkirakan apa saja kemungkinan yang bakal Anda alami. Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut dilema yang bakal dirasakan bila tinggal serumah dengan mertua.

1. Keluarga besar ikut campur urusan rumah tangga

Salah satu risiko yang mungkin akan dihadapi kala hidup serumah dengan mertua adalah Anda harus siap jika mertua ikut campur dalam urusan rumah tangga Anda. Kondisi tersebut memang sudah cukup sering terjadi bagi pasangan yang memilih hidup serumah dengan mertua.

Hal ini biasanya terjadi karena sebagai orangtua, mereka seolah tidak bisa membiarkan begitu saja jika rumah tangga Anda menghadapi masalah. Atau ada hal-hal maupun tindakan yang tidak tepat menurut mereka. Bila terjadi masalah dalam rumah tangga, biasanya mertua akan cenderung membela pasangan Anda selaku anak kandungnya.

2. Merasa tak memiliki privasi

Tinggal serumah dengan mertua secara tidak langsung akan membatasi privasi Anda dan pasangan, bahkan bisa saja mengurangi quality time Anda bersama pasangan. Dengan kehadiran mertua, tentu Anda akan merasa segan dan sulit menemukan waktu untuk dihabiskan berdua saja, bukan?

3. Terikat dengan peraturan

Bagaimanapun juga, jika tinggal serumah dengan mertua, mau tidak mau Anda dan pasangan harus mengikuti peraturan yang berlaku di keluarga besar tersebut. Sebab, aturan yang biasa diterapkan mertua Anda itu sudah ada dan berlaku sejak lama. Anda sebagai pendatang baru, tentunya harus menghormatinya.

4. Tidak leluasa melakukan kebiasaan

Namanya juga tinggal dengan mertua, pasti segala sesuatunya bisa saja tak luput dari perhatian mereka. Perbedaan kebiasaan bisa menjadi masalah bagi Anda dan mertua, jika Anda tak mau beradaptasi dengan kebiasaan serta peraturan di rumah mertua.

Nah, bila Anda memutuskan untuk tinggal bersama mereka, tentunya Anda juga harus bisa menyesuaikan diri dengan kebiasaan yang dilakukan keluarga besar tersebut. Artinya, jika Anda sebelumnya memiliki kebiasaan-kebiasaan sendiri, ketika tinggal bersama mertua dan kebiasaan tersebut tidak sesuai dengan mereka, maka mau tak mau Anda harus membuang kebiasaan itu.

Misal, Anda punya kebiasaan ngemil sambil tiduran dengan santainya di rumah. Namun saat tinggal di rumah mertua, Anda harus meninggalkan kebiasaan tersebut apabila mereka tak suka dengan hal itu.

Tinggal Bersama Mertua Tak Selalu Buruk

Meski demikian, hidup serumah dengan mertua tak selalu identik dengan hal-hal yang buruk. Tinggal bersama mertua juga memiliki beberapa sisi keuntungan yang bisa Anda peroleh. Apa saja?

1. Lebih mengenal dan dekat dengan mertua

Tinggal serumah dengan mertua tentunya membuat Anda hampir setiap hari menghabiskan waktu bersama mertua. Dengan demikian, Anda tentunya menjadi lebih mengenal dan memahami mertua, dan tak menutup kemungkinan untuk menjadi lebih akrab dengannya. Tentu hal ini sangat positif.

2. Bisa lebih hemat

Tak bisa dimungkiri, keuntungan hidup serumah dengan mertua adalah bisa membuat Anda dan pasangan lebih menghemat biaya hidup. Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk sewa rumah, sekaligus menghemat pengeluaran untuk bahan makanan, listrik, pajak bangunan, dan masih banyak lainnya.

Tips Hidup Serumah dengan Mertua

Anda telah mengetahui kemungkinan baik dan buruk yang terjadi jika hidup serumah dengan mertua. Nah, untuk meminimalisir segala kemungkinan buruk yang berpotensi terjadi di hari depan, berikut tips harmonis hidup serumah dengan mertua yang bisa Anda ikuti:

1. Sayangi mertua, jauhi prasangka

Sejak awal hidup serumah, Anda sebaiknya membuang jauh-jauh pemikiran buruk tentang perlakuan mertua. Berpikir positiflah bahwa Anda mampu hidup rukun dan akrab dengan sang mertua. Lebih dari itu, sayangilah mertua layaknya orangtua Anda, agar hidup dengan mertua terasa menyenangkan dan harmonis.

2. Mengalah dan komunikasikan masalah dengan baik

Ketika terjadi perbedaan pendapat dan kebiasaan, perbanyaklah mengalah kepada mertua. Ingatlah, mengalah bukan berarti kalah. Jika timbul berbagai permasalahan akibat perbedaan pendapat, tidak ada salahnya untuk mengomunikasikan pendapat Anda dengan mertua, tentunya dengan bahasa yang tepat, sopan, lembut, dan tidak menyinggung. Tak lupa, biasakan untuk mencari solusi atas permasalahan bersama-sama.

Hidup Bersama Mertua Tak Selalu Buruk

Hidup bersama mertua tidaklah selalu buruk, jika Anda mau bersabar dan berusaha. Sayangi dan hormatilah mertua Anda seperti orangtua Anda sendiri, bagaimanapun keadaannya. Ingatlah, tanpa sang mertua, tentunya pasangan Anda tak akan lahir ke dunia, bukan?

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Menantu Idaman: Jadilah Istri yang Telaten Mengatur Keuangan!

Kenapa Bicarakan soal Keuangan pada Orangtua itu Penting?

Modal Nikah Kurang? Pakai KTA Saja!

Published by

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS