Agar Tak Khilaf Belanja saat Musim Diskon, Begini Saran Psikolog

Ade Indra Kusuma | Firsta Nodia
Agar Tak Khilaf Belanja saat Musim Diskon, Begini Saran Psikolog
Ilustrasi belanja (Shutterstock)

Pikirkan lebih dulu barang-barang apa saja yang memang dibutuhkan.

Suara.com - Di penghujung tahun biasanya banyak sekali promo menarik yang ditawarkan departemen store maupun Harbolnas ecommerce untuk Anda yang gemar belanja online. Kalau sudah begini rasanya kita tak kuasa untuk menahan hasrat  untuk belanja. Akibatnya banyak di antara kita yang membeli barang tak sesuai kebutuhan.

Nah disampaikan psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, belanja saat musim diskon tak masalah kok.  Namun agar tak menyesal kemudian, Ia mengingatkan masyarakat untuk memikirkan lebih dulu barang-barang apa saja yang memang dibutuhkan. Dengan mengetahui kebutuhan dan keinginan akan suatu barang, maka kita tak akan kalap saat berbelanja.

"Jadi balik lagi, tanya ke diri kita ini butuh nggak. Jangan sampai ketika sudah dibeli tidak dipakai atau hanya buang uang doang," ujar perempuan yang akrab disapa Nina ini.

Nah karena judulnya diskon, sudah seharusnya belanja di musim diskonan bisa membuat kita berhemat uang lebih banyak. Jika sebaliknya yang terjadi, Nina mengatakan bahwa kita perlu mengevaluasi kemampuan membedakan mana yang menjadi kebutuhan mana yang bukan.

"Kadang-kadang karena diskon tapi belinya lebih banyak. Misal diskon 30 persen terus kita mikirnya murah, beli dua deh. Ya sama saja bohong, jadinya nggak hemat karena belanjanya jadi lebih banyak," tambah dia.

Nah jadi sekarang sudah tahu ya, tips bijak berbelanja ketika musim diskon. Pastikan Anda mencatat daftar kebutuhan Anda dan cari ketika musim diskon tiba. Pesta diskon terdekat adalah Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) yang berlangsung 11-12 Desember mendatang. Jadi bijak saat berbelanja, ya! 

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS