Ibu Hebat Memberdayakan Sekecil Mungkin Jadi Besar

Silfa Humairah Utami
Ibu Hebat Memberdayakan Sekecil Mungkin Jadi Besar
berikan penghargaan kepada 5 sosok Ibu Hebat yang menjadi inspiratif bagi perempuan Indonesia. (Suara.com/Silfa Humairah)

Siapa saja sosok yang mendapatkan penghargaan Ibu Hebat di Hari Ibu?

Suara.com - Dalam rangka memperingati Hari Ibu 22 Desember 2018, Gerakan Berbagi dan Peduli Kebaya Kopi dan Buku menyelenggarakan Festival Ibu Hebat Apresiasi Perempuan Berdaya Usaha di SMESCO Jakarta Selatan, Sabtu (15/12/2018).

Acara ini merupakan pemberian penghargaan bagi perempuan Indonesia yang ikut berjuang memberdayakan kemampuan perempuan lainnya untuk pendidikan, ekonomi hingga seni, memberdayakan hal sekecil mungkin menjadi besar.

Kaum ibu adalah pendidik generasi yang di tangan mereka akan tercipta generasi kreatif, mandiri, dan berprestasi.

Sebanyak 500 peserta berpakaian adat dari seluruh Indonesia turut serta merayakan kehebatan perempuan Indonesia dari beragam latar belakang budaya dan profesi ini. Kombinasi kebaya dan kain tradisional seperti lurik, batik dan tenun menjadi latar acara yang menarik.

Kristin Samah dari Kebaya Kopi dan Buku mengatakan Festival Ibu Hebat diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada perempuan Indonesia untuk menjadi perempuan hebat yang berkontribusi pada kemajuan bangsa dengan mengambil peran sekecil apapun.

Selain mempromosikan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dimiliki oleh perempuan Indonesia, Festival Ibu Hebat sekaligus akan memberikan penghargaan kepada 5 sosok Ibu Hebat yang menjadi inspiratif bagi perempuan Indonesia.

Mereka adalah Yayasan PEKKA (Pemberdayaan Perempuan Kelapa Keluarga), Shana Fatina dari Tinamitra Mandiri, Denica Flesch dari Sukka Citta, Angkie Yudistia dari This Able Enterprise, Azalea Ayuningtyas Hana Keraf dan Melia Winata dari Du'Anya. Mereka memperoleh penghargaan berupa plakat dan tabungan sebesar Rp5 juta dari Bank Panin.

“Apresiasi kami berikan kepada perempuan-perempuan Indonesia yang sudah menginspirasi banyak pihak dengan gerakan yang sudah dilakukannya. Kita bisa memberikan kontribusi positif bagi lingkungan kita dengan saling bergandengan tangan dan berkolaborasi," ujar Kristin Samah.

Festival Ibu Hebat selanjutnya akan menggelar workshop lanjutan yang diselenggarakan mulai Februari 2019.

Kegiatan ini didukung oleh Kementerian PMK, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Komunikasi dan Informatika, SMESCO PNM Madani, Tempo Institute, serta Yayasan Kebun Raya Indonesia yang akan mendorong penyelamatan lingkungan dengan membagi bibit tanaman, Koran Jakarta dan RRI Pro 3.

Partisipasi para ibu juga membuat Festival Ibu Hebat memperingati Hari Ibu ini semakin meriah. 

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS