Musim Dingin Bikin Kulit Kering, Atasi dengan Cara Ini

Vania Rossa
Musim Dingin Bikin Kulit Kering, Atasi dengan Cara Ini
Ilustrasi kulit kering. [Shutterstock]

Suhu udara yang dingin akan menyerap kelembaban dari sel-sel kulit Anda.

Suara.com - Suhu udara yang dingin akan menyerap kelembaban dari sel-sel kulit Anda, dan menyebabkan kulit kering, kasar, dan kadang menjadi retak dan bersisik. Duh, jangan sampai momen akhir tahun dan liburan ini penampilan jadi rusak karena kulit kering, ya.

"Saat cuaca dingin, kulit Anda mencoba untuk menghemat panas dengan menyempitkan pembuluh darah, yang pada gilirannya mengeringkan lapisan luar kulit," jelas dokter kulit dari New York, Debra Jaliman, M.D. Inilah yang membuat kulit terasa kering dan terlihat kusam. Dan tambahannya, garis-garis halus akan tampak lebih menonjol.

Tapi jangan panik, Anda bisa memastikan kulit Anda tetap lembut dan halus meski di musim dingin sekalipun. Begini caranya.

1. Letakkan pelembab udara di dalam kamar
Pelelmbab udara akan membantu menjaga kelembaban udara di dalam ruangan dan mencegah kondisi yang menyebabkan kulit kering. Nyalakan pelembab udara saat tidur malam, ketika kulit beregenerasi.

2. Tutupi kulit saat keluar di cuaca dingin
Kenakan syal, topi, atau sarung tangan. Angin yang dikombinasikan dengan suhu dingin dapat dengan cepat mengeringkan kulit. Tapi hindari yang terbuat dari kain sutera dan kain sintetis,ya, karena dapat membuat kulit gatal dan iritasi, sehingga membuat kulit makin kering.

3. Jangan mandi lama-lama dengan air panas
Air panas akan mengikis lapisan lemak kulit Anda. "Jaga agar suhu air tetap hangat dan mandi jangan lebih dari lima menit," saran dermatologis Shari Marchbein, M.D. Setelah mandi, jangan menggosok kulit, dan segera oleskan pelembap ketika kondisi kulit masih lembap.

4. Hindari penggunaan produk perawatan kulit berbahan keras
Obat jerawat dan serum anti-penuaan dengan bahan kuat seperti retinol dapat memiliki efek samping mengeringkan kulit. Batasi penggunaannya setiap hari.

5. Gunakan pelembab yang dapat mengunci kelembapan
Misalnya shea butter, yang akan memberi tambahan lapisan lipid yang mengencangkan sekaligus memberi kelembapan untuk memastikan kulit Anda mendapatkan jumlah kelembaban yang ideal dari udara di sekitarnya. Dan untuk kulit sensitif, hindari pelembap yang beraroma, karena bisa membuat kulit kering.

7. Ganti sabun wajah dengan formula berbasis lotion
Sabun wajah yang mengandung busa sering mengandung komponen pengeringan yang disebut surfaktan yang merusak pelindung kulit.

8. Rawat tangan dengan bahan-bahan seperti gliserin dan chamomile
Kulit punggung tangan termasuk area kulit yang paling terdampak suhu dingin. "Gliserin adalah humektan yang menarik air dari udara ke lapisan luar kulit, dan berfungsi sebagai lapisan pelindung yang membantu mencegah hilangnya kelembaban," jelas Jaliman seperti dilansir dari Women's Health Mag. Chamomile sangat bagus untuk kulit kering dan eksim karena sifatnya yang anti-inflamasi, tambahnya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS