Cara Jalan hingga Tulisan Tangan, 5 Hal Kecil Ini Tunjukkan Siapa Dirimu

Vika Widiastuti
Cara Jalan hingga Tulisan Tangan, 5 Hal Kecil Ini Tunjukkan Siapa Dirimu

Namun, tanpa disadari, karakter seseorang bisa terlihat melalui hal-hal simpel yang dilakukannya.

Suara.com - Menilai kepribadian seseorang mungkin bukan hal yang mudah dan membutuhkan waktu yang panjang. Namun, tanpa disadari, karakter seseorang bisa terlihat melalui hal-hal simpel yang dilakukannya. 

Contohnya, caramu melakukan lima tindakan simpel ini bisa menunjukkan siapa dirimu. Apa saja? Simak daftarnya, yang dihimpun dari Reader's Digest, di bawah ini:

1. Jalan

Pakar bahasa tubuh Patti Wood mengatakan pada Men's Health bahwa cara jalanmu mengungkapkan kepribadianmu. Jika berat tubuhmu biasanya condong ke depan dan langkahmu cepat, kamu orang yang sangat produktif dan sangat logis. Hal itu membuatmu dikagumi orang lain, tetapi kamu mungkin terlihat agak dingin dan kompetitif.

Jika kamu berjalan dengan dada membusung ke depan, bahu ke belakang, dan kepala tegak, berarti kamu orang yang menyenangkan, karismatik, dan mudah bersosialisasi.

Jika kamu berjalan dengan berat tubuh di atas tumpuan kaki, tidak condong ke depan atau belakang, kamu lebih fokus pada kehidupan pribadimu daripada karier. Kerjamu dalam sebuah kelompok bagus, tetapi kamu mudah teralihkan.

Terakhir, jika berat tubuhmu lebih ringan pada jari-jari kaki ketika berjalan dan matamu terpaku ke lantai, kamu kemungkinan besar tertutup dan sopan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Interpersonal Violence mengungkapkan bahwa narapidana dengan kecenderungan psikopat mampu menilai apakah orang itu mudah diserang. Mereka bisa memilih korban hanya dengan melihat caranya berjalan. Kamu mungkin ingin mengubah cara jalanmu supaya terlihat lebih tegas.

2. Jabatan tangan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology menyatakan bahwa caramu bersalaman dapat mengubah kesan yang ditangkap orang lain darimu. Dalam sebuah percobaan, peserta yang jabatan tangannya lebih kuat menggambarkan diri mereka sebagai orang yang lebih ekspresif secara emosional, ekstrovert, dan penuh energi positif daripada yang lain.

Sementara mereka yang jabatannya lebih longgar adalah orang yang lebih pemalu dan mudah gelisah. Para penilai dalam percobaan ini sepakat bahwa para peserta dengan jabat tangan yang lebih kencang lebih percaya diri dan tidak mudah cemas dalam kehidupan sosial.

ilustrasi jabatan tangan - (Pixabay/rawpixel)
ilustrasi jabatan tangan - (Pixabay/rawpixel)

3. Kebiasaan makan

Julia Hormes dan Juliet Boghossian, psikolog yang fokus pada perilaku seseorang terkait makanan, mengatakan pada huffingtonpost.com bahwa perilaku yang berhubungan dengan makanan bisamewakili kepribadian seseorang. Orang yang makannya lambat suka memegang kendali dan tahu bagaimana menghargai hidup, sedangkan yang makannya cepat cenderung ambisius dan tidak sabar.

Orang yang mencoba makanan aneh-aneh suka menantang nyalinya sendiri serta mengambil risiko, sementara orang yang makannya pilih-pilih cenderung mudah cemas dan gelisah.

Terakhir, jika kamu suka memisahkan makanan di piring yang berbeda, kamu orang yang sangat berhati-hati dan selalu memperhatikan detail dalam kehidupan sehari-hari Anda.

4. Gaya selfie

Dalam sebuah studi pada 2015 dari Nanyang Technological University di Singapura, para peneliti menganalisis 123 foto selfie yang diambil dari situs media sosial populer di China dan jawaban kuesioner peserta. Para peneliti menemukan bahwa orang yang lebih menyenangkan cenderung mengambil angle dari bawah.

Sementara itu, tipe-tipe orang yang teliti cenderung menyembunyikan ruang privasi pada latar belakang fotonya. Terakhir, orang yang menunjukkan ekspresi positif (tersenyum atau tertawa) lebih terbuka terhadap pengalaman baru, dan ekspresi mengerucutkan bibir atau duck face menunjukkan kepribadian yang mudah gelisah.

5. Tulisan tangan

Grafologi adalah ilmu analisis tulisan tangan yang berkaitan dengan kepribadian seseorang, dan telah ada sejak zaman Aristoteles. Master graphologist Kathi McKnight mengatakan kepada businessinsider.com bahwa para ahli tulisan tangan dapat mendeteksi lebih dari 5.000 ciri kepribadian dari coretanmu.

Orang-orang yang menulis dengan huruf besar (bukan kapital, -red), misalnya, mempedulikan komentar orang dan suka mencari perhatian, sedangkan orang-orang dengan tulisan tangan kecil bersifat tertutup dan mampu berkonsentrasi penuh.

Jika tulisanmu sedikit miring ke kanan berarti kamu ramah dan impulsif, kemiringan kiri berarti kamu pendiam dan individualistis, dan tidak ada kemiringan menunjukkan kamu logis dan pragmatis.

Terakhir, tulisan tangan dengan tekanan kuat menunjukkan kamu memiliki emosi yang kuat dan cepat bereaksi terhadap sesuatu, sedangkan tekanan ringan menyiratkan kemampuanmu untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah.

Sumber: Himedik.com/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS