Hamil Selamatkan Perempuan Ini dari Penyakit Anoreksia

Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
Hamil Selamatkan Perempuan Ini dari Penyakit Anoreksia
Ilustrasi anoreksia (Foto: shutterstock)

Mengandung beri perempuan ini motivasi yang dibutuhkan untuk tetap sehat

Suara.com - Gangguan pola makan ekstrim bisa terjadi pada siapa saja. Seperti yang dialami oleh perempuan penderita anoreksia ini. Ia mengalami penyakit anoreksia nervosa yang nyaris menghilangkan nyawanya.

Melansir dari Dailymail, Kamis (10/1/2019), Jade Kyle dari Fife, Skotlandia, mengalami Anoreksia (gangguan makan) ketika dia berusia 14 tahun. Dia bertahan hidup hanya dengan sebuah apel dan dua botol Pepsi Max sehari.

Ia sempat frustasi karena saat itu ia merasa sangat jelek.

''Saya akan mengunyah makan malam dan meludahkannya ke dalam tas yang saya sembunyikan di kamar saya dalam sebuah ember,'' ujar Jade.

Berat badan Jade pun turun secara dramatis dia hanya mengkonsumsi kurang dari 100 kalori setiap hari. Dia mencoba menyembunyikan tubuh kurusnya dengan pakaian longgar.

Pada Desember 2009 kondisinya semakin parah, ibu Jade membawa putrinya ke dokter, di mana ia didiagnosis menderita anoreksia nervosa.

''Masa haid saya berhenti dan saya terus-menerus kelelahan. Saya tidak punya otot dan harus menggunakan kursi roda. Ibuku harus membawaku ke tempat tidur karena aku sangat lemah,'' ungkapnya.

Jade diperingatkan oleh dokter bahwa dia tidak akan dapat memiliki anak karena sangat berisiko. Peluang untuk hamilnya sangat rendah. Bahkan dokter memfonis dia akan mati dalam waktu enam bulan jika aku tidak makan.

“Pembuluh darah saya runtuh dan saya mengalami dehidrasi parah,'' tambahnya.

Puncaknya pada 2010 alu, Jade dirawat di Rumah Sakit Huntercombe, Edinburgh, setelah mengalami serangan jantung. Dokter mengatakan kepada ibunya bahwa dia tidak akan selamat bahkan hingga akhir pekan.

Pada masa kritis tersebut, kakek kesayangannya, James Swan, yang saat itu berusia 69 tahun, menulis surat yang mendorong Jade Kyle untuk mencintai diri sendiri.

Singkat cerita, pada saat penyembuhan, ia bertemu tunangannya. Pria bernama Callum ini pula yang membuatnya terus maju. Perlahan, Jade Kyle pulih dari anoreksia yang menggerogotinya.

''Masa haid saya telah kembali tetapi dokter tidak yakin apakah tubuh saya akan mampu memiliki anak,'' kenangnya.

Saat Jade berusia 19 tahun ia mulai mencoba untuk memiliki bayi dengan Callum. Namun selama empat tahun kemudian, tidak ada yang terjadi.

''Dan anoreksia saya kembali. Masa haid saya berhenti dan saya mulai mengendalikan makanan lagi. Saya turun ke peringkat 5,'' tambahnya.

Pada Oktober 2016 keajaiban terjadi. Jade mengetahui dia hamil. Jade yang sekarang berusia 26 tahun memiliki tubuh sehat dengan bobot 32 kilogram dan berhasil melahirkan gadis kecilnya pada Juni 2017 lalu.

''Bayi perempuan saya telah menyelamatkan saya. Sebuah keajaiban bahwa saya hamil. Mengandungnya memberi saya motivasi yang saya butuhkan untuk tetap sehat,'' ungkap Jade yang sekarang menjadi ibu.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS