facebook

Ini Pilihan Busana Tradisional China untuk Rayakan Tahun Baru Imlek

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Ini Pilihan Busana Tradisional China untuk Rayakan Tahun Baru Imlek
Busana tradisional China. (Chinese New Year)

Seperti hari raya lainnya, Tahun Baru Imlek juga kerap dirayakan dengan memakai baju baru.

Suara.com - Saat tahun baru Imlek, masyarakat China biasa membeli dan mengenakan pakaian baru untuk mengunjungi teman dan keluarga. Pakaian baru yang dikenakan bisa mengikuti tren mode fesyen saat ini, atau busana tradisional. Seperti apa pilihan busana tradisional China yang masih populer saat ini? Berikut daftarnya seperti dilansir dari laman Chinese New Year.

1. Tang Suit
Tang Suit atau setelan Tang adalah pakaian yang berasal dari dinasti Tang. Saat ini, kita menyebutnya jaket tradisional China, yang menggabungkan model jaket berkuda Man (dinasti Qing) dan jas khas Barat.

Jika Anda penggemar seni bela diri Tiongkok, Anda mungkin pernah melihat aktor Jackie Chan suka memakai busana ini.

Sedangkan untuk perempuan, jenis Tang Zhuang akan lebih populer. Pakaian ini memiliki kerah terbalik dan lurus. Setelan ini menampilkan simpul tradisional China (frog), berbahan brokat yang dianggap sebagai kain mewah di zaman China kuno.

Baca Juga: Ahmad Dhani Diusulkan Ditahan di Mako Brimob

Sebagian besar pakaian Tang saat ini sudah dimodifikasi dan dirancang khusus, serta diberi banyak simbol keberuntungan dan sulaman.

2. Qipao
Pakaian ini awalnya dibuat sebagai pakaian konservatif dengan potongan lurus dan longgar. Desain yang rumit disulam di dalam kain. Saat penjajahan, model busana qipao mulai menjadi kebarat-baratan.

Saat ini, qipao berpotongan sangat ketat, dengan bukaan yang bahkan bisa setinggi paha. Meski sudah bergaya modern, qipao masih mempertahankan kerah lurus yang kaku dan simpul tradisional China (frog) dengan desain sulaman yang populer, termasuk bunga, burung, dan burung phoenix.

3. Cheongsam
Istilah cheongsam biasanya digunakan oleh orang Barat untuk merujuk pada qipao perempuan. Namun, secara harfiah ini berarti dress atau baju panjang dengan potongan longgar.

Ini adalah versi modifikasi dari pakaian dinasti Qing dan pakaian formal selama tahun 1900-an. Potongan kerah samping melambangkan kekayaan dan kemakmuran. Panjang cheongsam juga menunjukkan status, karena pakaian yang lebih panjang tidak diperuntukan bagi mereka yang melakukan pekerjaan fisik. Di era Republik, itu adalah pakaian para sarjana berpendidikan.

Baca Juga: Buntut Ahmad Dhani Dipenjara, Gerindra: yang Bersalah Itu Aparat Hukum

4. Hanfu
Hanfu diterjemahkan secara harfiah menjadi pakaian etnis Han. Pakaian memiliki banyak jenis dan variasi. Umumnya, pakaian Hanfu termasuk kemeja dan rok. Bajunya memiliki kerah silang dan lengan yang panjang dan lebar. Begitu pula dengan roknya, sangat panjang dan kadang-kadang dimulai dari atas dada. Desain Hanfu Dinasti Tang memengaruhi model kimono Jepang, sedangkan dinasti Ming memengaruhi Hanbok Korea.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS