Komunitas Jakarta City Philharmonic Hidupkan Konser Orkestra Kota

Ririn Indriani | Dinda Rachmawati
Komunitas Jakarta City Philharmonic Hidupkan Konser Orkestra Kota
Komunitas Jakarta City Philharmonic (JCP). (Foto: Eva Tobing/JCP)

Komunitas Jakarta City Philharmonic didirikan oleh sederet musisi ternama Tanah Air, siapa saja?

Suara.com - Komunitas Jakarta City Philharmonic Hidupkan Konser Orkestra Kota.

Musik klasik yang sering disebut sebagai 'tulang punggung' perkembangan aliran musik modern, sebenarnya masih memiliki begitu banyak penggemar di Indonesia.

Sayangnya, Jakarta sebagai ibu kota, tak seperti layaknya kota-kota besar di dunia. Di sini, penggemar musik klasik masih sulit mengakses konser orkestra kota yang profesional, dengan jadwal padat sepanjang tahun. Sehingga mereka sulit menikmati musik favorit mereka kapanpun mereka mau.

Padahal, kehadiran konser orkestra kota yang profesional seperti Berlin Philharmonic/Berliner Philharmoniker, Royal Philharmonic Orchestra di London, Vienna Philharmonic Orchestra, dan Rotterdam Philharmonic Orchestra dapat memenuhi kebutuhan kultural sebuah kota metropolitan yang modern.

Komunitas Jakarta City Philharmonic (JCP). (Foto: Eva Tobing/JCP)
Komunitas Jakarta City Philharmonic (JCP). (Foto: Eva Tobing/JCP)

Atas dasar inilah, sejumlah musisi ternama mendirikan sebuah komunitas Jakarta City Philharmonic (JCP) yang dapat menjadi wadah pecinta musik klasik di Jakarta dan sekitarnya pada November 2016.

Mereka adalah Anto Hoed, Aksan Sjuman, Anusirwan, dan Otto Sidharta yang juga tergabung dalam Komite Musik Dewan Kesenian Jakarta.

"Waktu itu kami mencoba menggelar konser dua kali (November dan Desember). Sekaligus untuk melihat bagaimana respon dari para pecinta musik klasik di Jakarta dan mengumpulkan anggota komunitas JCP. Ternyata hasilnya sangat memuaskan. Dua konser tersebut selalu penuh dengan penonton," ungkap Anto Hoed saat dihubungi Suara.com melalui email.

Lantas, apa saja kegiatannya? Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS