Susu Sapi untuk Perawatan Kecantikan, Catat 7 Manfaatnya

Silfa Humairah Utami
Susu Sapi untuk Perawatan Kecantikan, Catat 7 Manfaatnya
Manfaat susu sapi untuk perawatan kecantikan. (Shutterstock)

Apa saja manfaat susu sapi bagi perawatan kecantikan?

Suara.com - Susu Sapi untuk Perawatan Kecantikan, Catat 7 Manfaatnya.

Manfaat susu bukan hanya untuk kesehatan tubuh namun juga baik untuk kecantikan.

Seperti yang kita ketahui, susu sapi memiliki protein, fosfor, kalsium, mineral, kasein, dan vitamin.  Manfaat tersebut ternyata cukup baik untuk perawatan kecantikan seperti dilansir dari Hello Sehat. 

1. Pembersih dan exfoliator

Susu memiliki kemampuan unik untuk menghilangkan kotoran minyak yang larut dengan bantuan enzim lipase yang larut dalam lemak, kotoran dari protein dengan bantuan protease, dan sel-sel kulit mati dengan asam laktat. Kulit Anda akan semakin lembut dan bersinar. Caranya yaitu dengan membasahi kapas dengan susu, lalu usapkan pada wajah. Setelah 5 menit, bilas dengan air. Anda juga bisa menghaluskan dua potong pepaya dan susu. Oleskan campuran tersebut di seluruh wajah dan leher. Setelah beberapa menit, bilas dengan air dingin.

2. Pelembap untuk kulit kering dan bibir pecah-pecah

Susu merupakan kesatuan dari air, lemak, dan protein yang dapat menggantikan kembali faktor pelembap alami yang hilang pada tipe kulit kering, meningkatkan elastisitas kulit, dan menjadikan kulit lembut dan bersinar. Caranya adalah dengan mengoleskan susu di seluruh wajah dan leher, diamkan hingga sepuluh menit, kemudian bilas dengan air dingin. Anda juga dapat mencampur dua sendok makan susu, satu sendok makan madu, dan satu sendok makan jus lemon. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga kering selama 10 menit.

3. Mencerahkan kulit

Susu mencerahkan kulit dengan merangsang peluruhan sel-sel kulit berpigmen. Campurkan dua sendok makan susu, satu sendok makan madu, dan dua sendok makan air hangat. Oleskan ke seluruh wajah Anda. Setelah mengering, bilas dengan air hangat. Vitamin, mineral, dan protein yang terkandung di dalamnya akan membuat kulit cerah dan bersinar.

4. Anti-ageing

Susu dapat mengurangi keriput karena enzim, protein, mineral dan vitamin yang terkandung di dalam susu. Anda bisa mencampur pisang yang sudah dihaluskan dan beberapa sendok makan susu. Oleskan pada seluruh wajah dan diamkan hingga 15 menit. Lalu, bilas dengan air. Masker ini akan menyamarkan garis-garis wajah dan juga mencerahkan wajah.

5. Pembersih untuk kulit sensitif

Ketika kulit Anda iritasi, berhentilah memakai produk perawatan kulit. Pijat kulit wajah Anda dengan susu dua kali sehari (jika kulit Anda tidak rawan berjerawat), lanjutkan dengan kapas basah dan tepuk perlahan.

6. Kompres dingin untuk kulit terbakar matahari

Susu dapat menyejukkan kulit yang terbakar dengan bantuan anti-inflamasi, pelembap, dan bahan lain untuk memperbaiki kulit. Hanya dengan menggunakan buttermilk langsung pada kulit akan membuat kulit terasa dingin dan menyembuhkan kulit yang terbakar.

7. Mengecilkan pori-pori

Sour cream dan sour milk dapat membantu mengecilkan pori-pori. Jika Anda memiliki pori-pori yang besar dan terbuka, Anda dapat mengambil sour cream dan mengolesnya di muka dan leher. Seluruh produk susu dapat mengecilkan pori-pori yang besar.

Wah, jangan jangan sia-siakan susu sapi yang ada di kulkas. Semakin alami, semakin cantik alaminya memancari dengan mengikuti tips perawatan kecantikan di atas. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS