Minum Susu Mentah, Hati-Hati Kena Infeksi Brucella

M. Reza Sulaiman
Minum Susu Mentah, Hati-Hati Kena Infeksi Brucella
Jangan minum susu mentah yang baru diperas dari sapi, ini bahayanya. (Shutterstock)

Ada risiko infeksi brucella yang bisa menyebabkan komplikasi berbahaya jika minum susu mentah.

Suara.com - Minum Susu Mentah, Hati-Hati Kena Infeksi Brucella

Klaim manfaat susu mentah untuk kesehatan menyebabkan minum susu tanpa pasteurisasi menjadi tren. Padahal, ada risiko infeksi brucella yang bisa menyebabkan komplikasi berbahaya.

Dilansir Himedik dari Medical Daily, susu mentah yang tidak melalui pasteurisasi bisa menimbulkan sejumlah penyakit. Pada dasarnya susu mengandung organisme berbahaya yang membuatnya harus disterilkan terlebih dahlu.

Jika tidak, susu mentah tidak layak dikonsumsi karena dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti salmonella, e.coli, Listeria monocytogenes, Staphylococcus aureus, dan brucella.

Brucella merupakan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi yang dikenal sebagai brucellosis. Penyakit ini dapat ditularkan ke manusia melalui kontak dengan hewan terinfeksi atau produk hewan yang terkontaminasi bakteri.

"Sebagian besar kasus brucellosis yang berhubungan dengan susu mentah disebabkan oleh strain yang disebut Brucella melitensis atau Brucella abortusm," tulis Center for Diseases Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat.

"Brucellosis bisa mengontaminasi melalui susu sapi, domba atau kambing," tulis CDC lagi.

Orang yang mengonsumsi susu mentah atau produk susu mentah dari peternakan sapi perah yang mungkin telah terpapar harus berkonsultasi dengan dokter.

Ilustrasi sapi perah. [Shutterstock]
Minum susu mentah dari sapi perah bisa menyebabkan infeksi brucella. (shutterstock)

Beberapa gejala yang perlu diperhatikan jika seseorang telah mengalami gejala ini, antara lain sakit kepala, demam, kelelahan, nyeri otot dan persendian.

Waktu dan gejalanya juga bervariasi dan dapat muncul di mana saja di antara lima hari hingga enam bulan setelah minum susu mentah.

Jika tidak diobati, brucellosis dapat menyebabkan komplikasi serius yang memengaruhi jantung, sistem saraf, hati. Wanita hamil yang terinfeksi berisiko lebih tinggi mengalami keguguran. (Himedik/Yuliana Sere)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS