Facial Wajah Saat Berjerawat Bisa Bikin Infeksi?

Silfa Humairah Utami
Facial Wajah Saat Berjerawat Bisa Bikin Infeksi?
Perawatan facial wajah berjerawat. (Shutterstock)

Benarkah facial wajah saat berjerawat bisa biki infeksi?

Suara.com - Facial Wajah Saat Berjerawat Bisa Bikin Infeksi?

Perawatan wajah dengan melakukan facial rutin dilakukan untuk membersihkan wajah.

Namun, tidak sedikit perempuan yang bingung saat kondisi wajah berjerawat, boleh atau tidak melakukan facial karena mitos jerawat bisa infeksi. 

Ternyata dari kacamata medis mengungkapkan facial boleh saja dilakukan saat wajah sedang berjerawat. Akan tetapi, yang tidak boleh dilakukan adalah proses ekstraksi pada jerawat yang sedang meradang.

Secara sederhana, ekstraksi jerawat merupakan proses mengeluarkan cairan atau isi jerawat dengan alat khusus (memecahkan jerawat). Saat jerawat meradang, prosedur ini harus dihindari karena bisa mengakibatkan infeksi dan bopeng pada kulit wajah Anda dilansir Hello Sehat.

Oleh sebab itu, facial memang diperbolehkan saat Anda sedang jerawatan, tapi tergantung pada jenis dan seberapa banyak jerawat di wajah Anda. Jika jerawat di wajah hanya satu-dua saja maka Anda masih boleh melakukan facial wajah berjerawat sedikit. Dengan catatan, jangan melakukan ekstraksi pada jerawat yang sedang meradang.

Namun, jika jerawat yang Anda miliki jenis papulopustulosa dan menyerang dalam jumlah banyak dan hampir semuanya meradang, maka Anda tidak disarankan untuk melakukan facial.

Ciri-ciri jerawat meradang yaitu kulit wajah yang memerah dan jerawat yang juga berwarna kemerahan, bahkan mengandung nanah. Jika hal ini yang sedang Anda alami, maka jangan lakukan facial hingga jerawat yang meradang sudah mulai membaik.

Seberapa sering facial boleh dilakukan untuk kulit berjerawat?

Sebenarnya, tidak ada batasan pasti mengenai seberapa sering facial boleh dilakukan. Akan tetapi facial sebaiknya tidak dilakukan lebih dari satu kali dalam sebulan. Masalahnya, jika dilakukan terlalu sering, tindakan ini tidak justru tidak memiliki manfaat untuk wajah. Sebaliknya, facial justru bisa melukai dan membuat pori-pori wajah Anda semakin membesar.

Secara alami, kulit membutuhkan waktu untuk beregenerasi selama 14 sampai 28 hari. Sehingga, jika Anda ingin membantu mengangkat sel kulit mati dengan facial sebaiknya dilakukan setiap 4 minggu sekali.

Sebelum melakukan facial, Anda juga perlu memastikan kulit wajah dalam kondisi bebas dari infeksi kulit yang sedang aktif. Pastikan juga klinik kecantikan pilihan Anda terpercaya. Facial yang dilakukan oleh sembarang orang dengan peralatan yang tidak steril justru akan menimbulkan masalah baru pada kulit wajah Anda.

Apakah facial wajah berjerawat bisa membersihkan kulit?

Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak. Mengapa begitu? Facial pada dasarnya hanya membantu membersihkan wajah lebih dalam dengan menghilangkan komedo dan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Sementara itu, penyebab jerawat sangatlah banyak dan bukan hanya dari komedo serta sel kulit mati saja.

Jadi jika penyebab wajah jerawat di wajah Anda karena faktor hormon dan penyebab lainnya, maka perawatan facial wajah berjerawat tidak terlalu membantu. Selain itu, efek facial juga hanya sementara dan perlu dilakukan secara berulang setiap kali dibutuhkan.

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS