Bau Badan Bikin Orang Menarik Diri dari Lingkungan Sosial

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Bau Badan Bikin Orang Menarik Diri dari Lingkungan Sosial
Ilustrasi bau badan. (Shutterstock)

Bau badan menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Suara.com - Punya bau badan memang bikin malu, sampai-sampai membuat seseorang menarik diri dari lingkungan. Fakta ini didapat setelah sebuah survei terhadap 2.000 orang di Inggris menemukan 30 persen dari mereka menghindari berbicara dengan orang lain karena khawatir orang lain akan mencium bau badan atau pakaian apek mereka.

Lebih dari sepertiga responden juga mengatakan karena khawatir memiliki bau tidak enak, mereka bahkan menahan diri untuk tidak memeluk atau dekat-dekat dengan orang lain.

Satu dari 10 responden juga mengatakan mereka sering menghindari untuk mengajak seseorang berkencan, sementara 40 persen lainnya mengaku menarik diri dan menghindari kedekatan dengan orang lain.

Tak hanya itu, jajak pendapat ini juga menyebutkan empat dari 10 orang yang disurvei mengatakan mereka telah menyadari bau badan mereka dalam sebuah wawancara pekerjaan dan 36 persen lainnya bersusah payah untuk tidak mengeluarkan bau tidak enak di kantor. Sebanyak 37 persen lainnya mengatakan mereka paling sadar akan masalah bau badan ini saat kencan.

Bau badan juga menyebabkan satu dari 10 orang menghindari olahraga di gym.

"Kita semua hidup sangat aktif, hidup sibuk, dan selalu tak bisa lepas dari perlengkapan gym kita," kata Laura Mcilwaine, juru bicara Lenor Unstoppables Active yang melakukan penelitian.

Namun, lanjut Laura, kain sintetis pada baju olahraga akan menahan bau tak sedap, sehingga cukup sulit untuk membuat Anda tetap beraroma segar.

Penelitian ini juga mengungkapkan bau badan adalah aroma yang paling tidak disukai responden yang mereka cium dari diri mereka sendiri dan pakaian mereka, diikuti oleh asap, keringat, dan jamur.

Akibatnya, 38 persen responden mengaku kerap menyemprotkan deodoran pada pakaian mereka untuk menghilangkan bau tersebut.

Sebagai perbandingan, aroma favorit secara keseluruhan adalah rumput yang baru dipotong, kopi, dan daging asap.

Cucian yang baru saja dicuci berada di urutan keempat dalam daftar aroma favorit, dan kue yang baru dipanggang diletakkan di urutan kelima dari aroma yang paling disukai orang-orang untuk membuat hidungnya terasa segar.

Sebanyak 50 persen melaporkan peningkatan kepercayaan diri ketika mereka merasa harum, dengan 20 persen di antaranya percaya ini membantu mereka merasa percaya diri di gym selama berolahraga.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS