Jarang Disadari, Ini 5 Kesalahan Ketika Merawat Kulit

Vania Rossa
Jarang Disadari, Ini 5 Kesalahan Ketika Merawat Kulit
Ilustrasi perawatan wajah dengan krim wajah. (Shutterstock)

Gara-gara kesalahan ini, semua perawatan yang kamu lakukan bisa gagal.

Suara.com - Mimpi punya kulit mulus, bersih, kenyal, dan terawat tak akan bisa tercapai kalau Anda masih melakukan 5 kesalahan dalam merawat kulit. Apa saja?

Kesalahan 1:
Membersihkan wajah terlalu sering
"Orang-orang berpikir bahwa semakin sering mencuci muka, semakin sedikit jerawat yang menempel di kulit. Tapi, anggapan itu ternyata salah," kata Vivian Shi, MD, seorang dokter kulit dan asisten profesor di Universitas Arizona. "Ketika Anda membersihkan secara konstan, sabun dari wajah dapat mengangkat lapisan atas minyak pada kulit dan memicu pelepasan lebih banyak minyak, yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan masalah komedo," katanya seperti dilansir dari Womens Health Mag.

Untuk kulit normal, rekomendasinya adalah membersihkan kulit wajah tidak lebih dari dua kali sehari, kemudian diikuti dengan pemakaian pelembap.

Kesalahan 2:
Menarik area di bawah mata
Tidak ada yang bisa menghindar dari kerutan di mata. Tapi, kebiasaan menggosok dan menarik kulit tipis di sekitar mata Anda bisa membuatnya muncul sebelum waktunya.

Untuk menghapus riasan mata tanpa harus menggosoknya kuat-kuat, tempelkan alas kapas yang bersih pada kelopak mata Anda selama sekitar 30 detik sebelum dengan lembut menyekanya. Gunakan sentuhan ringan saat memakai krim mata, yaitu dengan cara menepuk sepanjang kelopak mata dengan jari manis.

Kesalahan 3:
Memilih produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit
Meski ada banyak ratusan produk menarik di luar sana, pilihan terbaik adalah yang memang dirancang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit kering, pilihlah produk perawatan yang memberikan kelembapan ekstra. Jika Anda cenderung berjerawat, baca label produk dan cari bahan yang mencegah jerawat, seperti asam salisilat.

Tekstur produk yang ideal juga bervariasi berdasarkan jenis kulit. Misalnya, kulit berminyak cocok untuk sabun wajah yang berbusa, sedangkan pembersih yang lembut lebih cocok untuk kulit Anda yang sensitif.

Khusus untuk jenis kulit sensitif, pilih pembersih dan pelembab yang bebas dari aroma, yang kerap menimbulkan iritasi.

Kesalahan 4:
Memakai terlalu banyak produk
Banyak tidak selalu baik. Anda akan heran betapa pelembab seukuran kacang polong sebenarnya sudah cukup untuk meng-cover seluruh wajah. Memakai terlalu banyak produk perawatan, selain tak baik untuk kulit, juga membuang-buang uang. Cukup oleskan secara merata pada empat titik — dahi, dua pipi, dan dagu, kemudian sebarkan.

Kesalahan 5:
Tidur dengan makeup
Terlalu malas membersihkan wajah kerap membuat Anda tidur dengan sisa riasan siang hari. Padahal, riasan wajah dapat menahan keringat dan kelenjar minyak, dan itu berpotensi menyumbat pori-pori Anda.

Tidur dengan menggunakan maskara atau eye liner juga dapat membuat riasan mata Anda masuk ke dalam mata ketika Anda tak sengaja menggosok mata saat tidur. Hal ini dapat menyebabkan konjungtivitis dan dermatitis kelopak mata, yang merupakan peradangan pada kelopak mata. Terlalu lelah untuk membersihkan makeup? Setidaknya, hapuslah menggunakan tisu basah. Setidaknya, Anda tak akan tidur dengan wajah full makeup. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS