Kendalikan Hasrat Konsumsi Makanan Manis dengan Tips Ini

Silfa Humairah Utami
Kendalikan Hasrat Konsumsi Makanan Manis dengan Tips Ini
Ilustrasi perempuan konsumsi makanan manis. [shutterstock]

Bagaimana mengendalikan hasrat konsumsi makanan manis berlebihan?

Suara.com - Kendalikan Hasrat Konsumsi Makanan Manis dengan Tips Ini.

Makan makanan manis buat ketagihan, sering kali membuat Anda kesusahan berhenti.

Padaahal memanjakan diri dengan mengonsumsi gula secara sering, akan banyak berdampak kesehatan yang buruk.

Dilansir dari All Women's Talk, berikut adalah tips ampuh untuk membantu mengendalikan hasrat makan makanan manis yang perlu kamu coba dikutip dari DewiKu.

1. Makan dengan porsi kecil dan teratur

Perencanaan dan pola makan merupakan bagian penting dari mengelola ngidam gula. Untuk menghilangkan ngidam gula, kamu perlu makan dalam porsi kecil tidak lebih dari tiga hingga empat jam.

Sebab kalau lebih lama dari itu tanpa makan apa pun, gula darah dalam tubuh akan anjlok dan keinginan makan yang manis-manis pun menghantui.

2. Pilihan makanan

Kurangi makanan apa pun yang diproses, berlemak tinggi, sarat dengan gula dan pengawet. Pilih makanan dengan indeks glikemik rendah karena mereka benar-benar melepaskan energi perlahan dan mantap sepanjang hari, menjaga kadar gula darah, mencegah ngidam gula dan memberi rasa kenyang lebih lama.

3. Air

Dalam banyak kasus, orang akan meraih potongan kue lagi karena mereka masih merasa lapar, padahal yang dibutuhkan adalah minum. Cobalah minum segelas air sebelum makan, itu membuat perut terasa lebih kenyang dan membantu mencegah ngidam.

4. Banyak bergerak

Ada hal yang perlu kamu tahu, perasaan senang setelah melahap kue atau makanan manis lainnya itu sebenarnya palsu. Kesenangan semu itu disebabkan oleh serbuan gula ke aliran darah.

Sebenarnya ada perasaan yang lebih baik yang akan membantu kita mengurangi ngidam gula, yakni berolahraga. Untuk memulainya, sering berjalan adalah kegiatan yang sangat baik untuk membakar lemak, mengurangi rasa lapar, meningkatkan endorfin serta mengurangi keinginan untuk makan manis.

Konsumsi makanan manis boleh saja asal Anda bisa mengontrol porsi dan mengikuti tips di atas, yuk mulai dari sekarang untuk menjaga kesehatan di masa depan. ((Yasinta Rahmawati)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS