Ecofriendly Fashion, Sneakers Ini Terbuat dari Nanas

Vania Rossa | Yasinta Rahmawati
Ecofriendly Fashion, Sneakers Ini Terbuat dari Nanas
Sneakers terbuat dari nanas. (Instagram/@merceramsterdam)

Sneakers ini disebut sebagai sneaker vegan pertama di dunia.

Suara.com - Sustainable fashion, di mana produk fesyen dirancang dan diproduksi dengan pertimbangan terhadap dampak lingkungan, semakin marak. Para desainer dan rumah mode pun berlomba-lomba meluncurkan fesyen yang ecofriendly, dan salah satu yang terbaru adalah sneakers yang terbuat dari nanas.

Dilansir dari Metro, sneakers yang terbuat dari nanas ini merupakan kreasi merek alas kaki Belanda, Mercer Amsterdam.

Sneakers yang dinamai The W3RD Vegan Pineapple ini sebenarnya tidak menggunakan bagian buah nanas, melainkan daun nanas.

Mercer telah berkolaborasi dengan Pinatex, sebuah alternatif kulit dari daun tanaman nanas, bahan yang alami dan bersumber secara berkelanjutan serta cruelty-free.

Dijelaskan dalam situsnya, "Daun-daun nanas ini dibuang saat panen, sehingga bahan baku kami tidak membutuhkan sumber daya tambahan untuk memproduksinya."

Selain itu, daun nanas ini juga dibeli dari petani di Filipina untuk mendukung ekonomi lokal dan memperkuat ekspor mereka.

Sedangkan lapisan yang digunakan untuk W3RD Vegan Pineapple dibuat dengan tekstil OnSteam, tekstil mikrofiber yang memberikan sensasi kulit asli.

Mercer Amsterdam adalah merek pertama di segmen sneaker mewah yang memanfaatkan jenis kulit khusus ini, yang ingin memperluas pilihannya di masa depan.

Dan, sneakers ini diklaim sebagai sneakers vegan pertama di dunia. Jadi kalau kamu adalah orang menyukai segala sesuatu yang plant-based, sneakers ini sangatlah sayang untuk dilewatkan. Harganya masih cukup terjangkau, kok, sekitar Rp 3,5 juta.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS